Tokyo (ANTARA News) - Haruo Nakajima, aktor yang pertama memerankan Godzilla, monster yang menghancurkan kota-kota di Jepang, dikabarkan meninggal pada usia 88 tahun, Selasa.

(Baca: Aktor Jepang pemeran Godzilla meninggal dunia)

Nakajima, aktor di balik kostum karet monster Godzilla, dinyatakan meninggal akibat pneumonia yang dideritanya, demikian juru bicara perusahan film Toho.

Kostum pertama Godzilla memiliki berat 100 kilogram dan sangat sulit untuk bernafas meski terdapat tabung oksigen yang dipasang di dalam kostum tersebut, kata Nakajima terkenang saat masih hidup.

Dia memerankan monster tersebut dalam total belasan film Godzilla hingga tahun 1972.

Sebagaimana dilansir dari Screenrant, berawal film Godzilla asli yang disutradarai Ishiro Honda tahun 1954, Nakajima terus memerankan monster kaiju hingga filmnya yang ke-12.

Nakajima memerankan Godzilla di bawah arahan sutradara efek visual, Eiji Tsuburaya, selama 24 tahun. Nakajima pensiun dari aktingnya memeran Godzilla setelah menyelesaikan Godzilla vs Gigan (1972).

Hingga saat ini, Nakajima dianggap sebagai anggota berharga di perusahaan Toho atas kerjanya dalam film Godzilla klasik sepanjang tahun 1950-an hingga awal 1970-an, kemudian meninggalkan perannya secara resmi sebagai Godzilla.

Godzilla merupakan simbol dari senjata atom yang diperingati kurang dari satu dekade setelah insiden bom Hiroshia dan Nagasaki, serta rasa frustasi terhadap AS, yang baru saja mengadakan tes bom hidrogen di Pulau Bikini dan mengenai sebuah kapal yang penuh dengan nelayan asal Jepang., demikian Reuters.

(KR-DVI/M016) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017