Jadi duduk dan beberapa saat kemudian mengeluh sesak nafas dan melaporkan ke dokter pembimbing haji. Saat diketahui sesak nafas, diambilkan ambulans dan dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong
Makassar (ANTARA News) - Salah satu calon haji asal Provinsi Papua Barat, Syamsuri Syarif Sutio (57) meninggal dunia sesaat setelah duduk di kursi pesawat yang akan berangkat ke Arab Saudi.

"Memang benar ada satu lagi jamaah calon haji yang meninggal dunia dan dia itu sudah naik ke pesawat, tapi langsung dilarikan ke rumah sakit," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Abd Wahid Tahir di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, sesaat sebelum pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Syamsuri tiba-tiba mengalami sesak nafas dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Regional Wahidin Sudirohusodo.

Namun sebelum sampai di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis, peserta haji tersebut sudah dinyatakan meninggal dunia karena dugaan serangan jantung.

"Jadi duduk dan beberapa saat kemudian mengeluh sesak nafas dan melaporkan ke dokter pembimbing haji. Saat diketahui sesak nafas, diambilkan ambulans dan dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari petugas haji, Syamsuri tergabung dalam rombongan kelompok terbang (kloter) 16 yang berasal dari Provinsi Papua Barat.

Pada pemberangkatan peserta haji tahun 2017, Embarkasi Hasanuddin, Makassar memberangkatkan 15.911 orang calon haji dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Pada musim haji 2017, kuota haji kembali normal yakni 35 kelompok terbang (kloter), sementara tahun lalu hanya ada 27 kloter," ucapnya.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017