Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pelari putra nasional Atjong Tio berhasil menyumbang medali emas kelima untuk tim atletik Indonesia dalam perlombaan nomor lari gawang putra 3.000 meter di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu malam.

"Saya bukan hanya ingin sekedar menang tapi menang dengan catatan waktu yang lebih baik. Catatan waktu saya ini lebih baik dari hasil uji coba sebelumnya," kata Atjong selepas perlombaan.

Atlet berusia 25 tahun itu mencatatkan waktu sembilan menit 3,94 detik dan diikuti atlet Vietnam Pham Tien San yang mendapatkan medali perak dengan waktu sembilan menit 6,31 detik.

"Saya berterimakasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya seperti pelatih, komandan, dan teman-teman di kantor. Mereka selalu memberikan semangat dan itu menjadi tenaga baru bagi saya," kata anggota TNI Angkatan Darat berpangkat sersan satu di Yonif Mekanis 521 Kodam Brawijaya itu.

Atjong mengaku sengaja tidak memimpin perlombaan pada lap pertama untuk mengetahui kekuatan lawan di lintasan Stadion Bukit Jalil.

"Pada SEA Games 2015, saya hanya mendapatkan medali perunggu karena saya mengalami cedera hamstring sepekan sebelum berangkat. Malam ini, saya menikmati perlombaan saja," katanya.

Atlet asal Jawa Timur itu mengaku masih ingin memperbaiki rekor pada nomor perlombaan lari gawang 3.000 meter. "Saya juga ingin mencoba turun pada nomor lari maraton," kata Atjong.

Pada ajang uji coba SEA Games 2017 di Stadion Rawamangun Jakarta Timur, Sabtu (15/7), Atjong Tio meraih waktu sembilan menit 9,06 detik. Sedangkan dalam kejuaraan atletik 2017 di Thailand, Atjong meraih waktu sembilan menit 18 detik pada perlombaan nomor lari gawang putra 3.000 meter.

Medali emas Atjong adalah medali kelima tim atletik Indonesia setelah medali emas Hendro pada nomor jalan cepat putra 20.000 meter, medali emas Triyaningsih pada nomor lari 10.000 meter putri, medali emas Eki Febri Ekawati pada nomor tolak peluruh putri, dan medali emas Agus Prayogo pada nomor lari 10.000 meter putra.

Tim atletik Indonesia mengumpulkan total lima medali emas, tujuh medali perak, dan tiga medali perunggu dalam SEA Games ke-29 yang berlangsung di Kuala Lumpur, pada 19-26 Agustus 2017.

(T.I026/I015)

(Baca: SEA Games 2017 - Hendro sumbang emas pertama atletik untuk Indonesia)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017