Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia unggul 5-0 atas Filipina pada babak pertama di pertandingan keduanya di Grup B Piala AFF U-18 2017 di Yangon, Myanmar, Kamis.

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), kelima gol Indonesia dibuat Feby Eka Putra (menit ke-5), Egy Maulana Vikri (menit ke-21 dan 37 melalui penalti) dan Muhammad Iqbal (25 dan 39).

Dalam laga yang digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, timnas U-19 Indonesia asuhan pelatih Indra Sjafri tampil menekan sejak menit pertama.

Indra sendiri menurunkan sejak awal pemain-pemain yang pada laga perdana kontra Myanmar menjadi cadangan yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, Samuel Christianson Simanjuntak dan Syahrian Abimanyu.

Hasilnya, Feby Eka Putra bisa mencetak gol cepat untuk timnas U-19 melalui tendangan jarak jauh pada menit kedelapan.

Gol itu semakin membakar semangat timnas U-19 untuk terus menggempur Filipina. Pada menit ke-21, gol kedua pun datang melalui Egy Maulana yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Filipina.

Empat menit setelah itu, Muhammad Iqbal menambah skor setelah sukses mengubah umpan silang Feby Eka Putra dari sisi kiri serangan menjadi gol ketiga Indonesia.

Timnas U-19 sempat mendapatkan peluang menjauhkan jarak karena mendapatkan tendangan penalti di menit ke-30. Namun, sepakan Asnawi Mangkualam berhasil diantisipasi dengan baik oleh kiper Filipina.

Kesempatan kedua lewat tendangan penalti didapatkan tim Garuda Nusantara pada menit ke-37. Kali ini, Egy Maulana menjadi algojo dan berhasil melesakkan gol keduanya di laga sekaligus gol keempat sepanjang kompetisi.

Indonesia menutup babak pertama dengan skor 5-0 setelah Muhammad Iqbal melesakkan bola dengan mulus ke gawang Filipina via tendangan bebas pada menit ke-39.

Menendang dari sisi kiri pertahanan Filipina, Iqbal dengan jitu mengarahkan bola menyusur tanah ke pojok kanan gawang tanpa bisa diantisipasi kiper lawan.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017