Jakarta (ANTARA News) - Orator aksi damai 299 mengajak peserta aksi untuk shalat ashar berjamaah di depan Gedung DPR/MPR RI Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat.

"Sekarang sudah memasuki waktu ashar mari kita shalat berjamaah," kata salah satu orator aksi 299 di depan Gedung DPR/MPR RI Jumat.

Sebelum menunaikan shalat berjamaah, salah satu pengunjuk rasa mendengungkan adzan sebagai tanda masuk waktu shalat Ashar.

Seseorang yang menjadi imam mengajak massa bertayamum untuk mensucikan badan dari kotoran.

Imam tersebut mengimbau massa yang tidak melaksanakan shalat berjamaah agar memberikan jalan kepada massa yang akan menunaikan ibadah.

Sementara itu, sejumlah perwakilan aksi 299 diterima pimpinan DPR/MPR RI untuk menyampaikan tuntutannya terkait penolakan Peraturan Pemerintah Pengganti Perundang-Undangan tentang Organisasi Masyarakat (Perppu Ormas) dan indikasi keberadaan PKI.

Petugas kepolisian juga masih menutup Jalan Gatot Subroto dari arah Semanggi menuju Slipi lantaran massa berkumpul di depan Gedung DPR RI.

Arus kendaraan dari Semanggi menuju Slipi dialihkan ke Jalan Pelajar Pejuang Senayan, sedangkan kendaraan dari Lapangan Tembak menuju Slipi diluruskan ke Jembatan Layang arah Benhil atau Semanggi.

Secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masih terjaga dan tidak terjadi aksi anarkis, massa tertib menyampaikan aspirasi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017