Berpolitik bukan sekedar kekuasaan, tapi mewujudkan wajah kebudayaan kerakyatan
Bandung (ANTARA News) - Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyatakan, PDIP ingin mewujudkan cara berpolitik dengan wajah kebudayaan kerakyatan, bukan hanya kekuasaan dalam membangun bangsa dan negara Indonesia lebih baik.

"Berpolitik bukan sekedar kekuasaan, tapi mewujudkan wajah kebudayaan kerakyatan," kata Hasto saat acara Konsolidasi Organisasi Internal Partai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa.

Ia menuturkan, kantor PDIP setiap daerah harus menjadi pusat kebudayaan partai, perencanaan, konsolidasi dan memikirkan kesejahteraan masyarakat termasuk kesejahteraan anggota partai.

Menurut dia, politik masa lalu seringkali didominasi oleh wujud kekuasaan, sehingga harus dirombak bahwa politik bukan kekuasaan.

"Harus merombak tradisi, ini bukan hanya wajah politik kekuasaan, tetapi yang membangun peradaban, mencerminkan kepedulian kebudayaan, pergerakan ekonomi anggota, ekonomi gotong royong," katanya.

Ia mengungkapkan, Ketua Umum PDIP Megawati selalu menyampaikan bahwa PDIP adalah partai orang kecil yang ingin berjuang menuju masyarakat adil dan makmur.

"Misi utama PDIP adalah sebagai parpol wong cilik, agar bersama-sama berjuang meningkatkan perjuangan menuju masyarakat adil dan makmur," katanya.

Ia menambahkan, upaya mewujudkan wajah politik yang baik dapat dimulai dengan mempelopori kebersihan, seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Orang partai, kata dia, harus mampu membuat sesuatunya indah, menjaga keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, sesama manusia dan seluruh alam raya.

"Ketua Umum kita adalah sosok yang memperhatikan alam raya ini," katanya.

Sementara itu, acara konsolidasi organisasi PDIP tersebut digelar dengan menonton tayangan film tentang keindahan dan keanekaragaman Indonesia dengan tulisan puisi karya Presiden Indonesia pertama Soekarno, juga menonton tentang kerusakan akibat konflik di Suriah.

Hasto menyampaikan kepada kader PDIP Garut bahwa Pancasila, dan Keanekaragaman di Indonesia harus dijaga dengan baik jangan sampai terpecah belah.

"Maukah Indonesia porak poranda seperti di Suriah," kata Hasto yang dijawab tidak oleh para kader PDIP secara serentak.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017