Manado (ANTARA News) - Piala Thomas dan Uber koleksi Museum Olahraga Nasional Jakarta menjadi bintang pada peringatan Hari Museum Indonesia 2017 di Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara, Manado, Kamis karena menjadi perhatian pengunjung.

Meski terlihat usang, pengunjung yang didominasi siswa dari berbagai sekolah di Manado itu sangat antusias menanyakan sejarah piala prestisius untuk kejuaraan bulu tangkis beregu putra dan putri dunia itu kepada juru pelihara dari Museum Olahraga.

"Piala ini apa asli pak. Sudah berapa kali Indonesia bisa merebut piala ini," kata salah satu siswa, Geraldo Alow sambil menulis di buku catatan yang ia bawa.

Dengan sabar, teknisi dari Museum Olahraga yang mengawal kedua piala tersebut, Lili Rusli menjelaskan pertanyaan yang disampaikan oleh penanya bahkan piala yang dibawa adalah replika dan Indonesia telah beberapa kali meraihnya.

Piala Uber yang merupakan supremasi tertinggi bulu tangkis beregu putri. Indonesia sudah tiga kali menjadi juara yaitu pada 1975, 1994 dan 1996 serta lima kali menjadi finalis. Uber sendiri diambil dari mantan pebulu tangkis asal Inggris, Betty Uber.

Sedangkan Piala Thomas merupakan supremasi tertinggi bulu tangkis beregu putra. Indonesia sudah 13 kali menjadi juara. Tidak disangkal kalau cabang olahraga bulu tangkis bisa berjaya karena tidak membeda-bedakan suku ataupun agama.

Selain Piala Thomas-Uber, foto atlet bulu tangkis terbaik saat ini Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir juga menjadi perhatian. Foto pasangan ganda campuran kenyang prestasinya ini terpampang didepan dua piala legendaris itu.

Dalam pameran ini tidak hanya koleksi museum olahraga saja yang disajikan. Namun juga koleksi dari Museum Negeri Sri Baduga, Museum Negeri Sulawesi Utara, Museum Tekstil, Museum Wayang hingga Museum Sumpah Pemuda.

Sementara itu, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harry Widianto mengatakan tema dari peringatan Hari Museum Indonesia 2017 adalah "Museumku Merajut Kerukunan Hidup Berbangsa".

Menurut dia, perkembangan museum terus mengalami peningkatan baik yang dikelola langsung oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat. Saat ini ada 450 museum dari seluruh Indonesia yang salah satunya adalah Museum Olahraga Nasional.

"Jumlah akan terus bertambah karena untuk mewujudkan misi museum yaitu mencerdasakan kehidupan bangsa, kepribadian bangsa serta ketahanan nasional dan wawasan nusantara," katanya.

(T.B016/Y008)

Pewarta: Bayu K
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017