Jakarta (ANTARA News) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu dibuka menguat sebesar 9,95 poin seiring harapan positif investor terhadap kinerja keuangan emiten.

IHSG BEI dibuka menguat 9,95 poin atau 0,17 persen menjadi 5.962,03. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 2,53 poin (0,26 persen) menjadi 986,69.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Rabu mengatakan bahwa kuatnya optimisme pelaku pasar terhadap laporan keuangan emiten periode kuartal ketiga tahun ini masih menjadi salah satu pendorong IHSG untuk kembali bergerak di area positif.

"Di tengah sentimen global yang bervariasi, investor masih mengantisipasi laporan kinerja keuangan emiten sebagai fokus utama," katanya.

Ia menambahkan bahwa aksi lepas saham oleh investor asing yang mulai mereda dalam beberapa hari terakhir ini juga turut mengurangi beban bagi pergerakan IHSG untuk berada di area positif.

Di sisi lain, lanjut dia, pembangunan infrastruktur yang tengah terus gencar dilakukan oleh pemerintah mulai dari pinggiran daerah untuk mengurangi ketimpangan antara pusat dan daerah juga masih direspon positif oleh pasar.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa setelah IHSG mencetak level tertinggi barunya, pergerakannya mulai terbatas menyusul sebagian pelaku pasar saham akan memanfaatkan untuk aksi ambil untung.

"Aksi ambil untung dapat membuat pergerakan IHSG menjadi terbatas. Bahkan dimungkinkan dapat membuka peluang terjadinya pembalikan arah," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks bursa Nikkei naik 35,38 poin (0,16 persen) ke 21.840,09, indeks Hang Seng menguat 121,43 poin (0,43 persen) ke 28.276,40, dan Straits Times menguat 2,57 poin (0,08 persen) ke posisi 3.337,36.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017