Makassar (ANTARA News) -Tiga direktur utama BUMN memberikan kuliah umum dengan menyampaikan kemajuan ekonomi Indonesia dalam tiga tahun terakhir, di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Ketiga dirut itu adalah Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro, Dirut PT Pindad (Peraero) Abraham Mose, dan Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Edy Widarto. Kuliah umum itu merupakan program "BUMN Hadir di Kampus".

Program "BUMN Hadir di Kampus" bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional dan peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional dan menjembatani sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki sumber daya profesional.

Kegiatan diselenggarakan secara serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda.

"Dalam mendukung perekonomian nasional yang semakin baik, BUMN turut serta dalam mewujudkan kemandirian, kesejahteraan, keberlanjutan, pemerataan, dan kesetaraan melalui Sinergi BUMN," kata Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro saat memberikan kuliah umum.

Dikatakan Iqbal, perekonomian Indonesia menunjukkan kualitas yang semakin membaik, beberapa diantaranya ditandai dengan berkurangnya jumlah angka kemiskinan dari sebelumnya 11,25 persen menjadi 10,64 persen.

Selain itu, menurunnya tingkat pengangguran dan tingkat ketimpangan antar individu menjadi salah satu faktor kualitas perekonomian yang semakin baik.

Hal lain yang patut disampaikan, katanya, pelayanan kesehatan yang semakin merata dan mudah serta dana desa yang semakin besar untuk pembangunan desa menunjukkan adanya upaya pemerataan ekonomi bagi seluruh masyarakat di Tanah Air.

"Sudah menjadi visi dan misi BUMN dalam membangun negeri, membangun infrastruktur dan menciptakan konektivitas. Mempersiapkan SDM sebagai aset yang kapabel dan handal guna meningkatkan produktivitas barang, jasa, dan layanan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.

BUMN, katanya, juga senantiasa menjalankan proses bisnis dan layanannya sesuai tata kelola perusahaan yang baik dan menciptakan peraturan serta kebijakan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh masyarakat.

Taspen sebagai BUMN, kata Iqbal, terus mengakselerasi layanannya, baik seperti Layanan Klim Otomatis, Layanan 1 Jam, Aplikasi SIM Gaji.

Bahkan Taspen menggandeng Telkom untuk bersinergi dalam digitalisasi Iayanan pembayaran pensiun, yang tentu muaranya adalah untuk peningkatan layanan kepada peserta yang semakin baik.

Sebelum kuliah umum dimulai ditayangkan pesan Menteri BUMN Rini Soemarno yang intinya mengajak pemuda Indonesia untuk bersama membangun nwgeri untuk kesejahtaraan bersama.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017