Brand Adventure, program pengembangan brand lokal

Brand Adventure, program pengembangan brand lokal

PT Bank Tabungan Negara bersama Tokopedia dan Gambarbrand meluncurkan program Brand Adventure, program pengembangan brand lokal ke pelosok negeri. (ANTARA News/ Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Tabungan Negara (BTN) bersama Tokopedia dan Gambarbrand meluncurkan program Brand Adventure, program pengembangan brand lokal melalui platform digital.

Program yang dikemas dalam format digital tersebut diinisiasi oleh CEO Gambaranbrand Arto Soebiantoro.

"Brand Adventure adalah sebuah acara yang saya coba inisiasikan bagaimana brand lokal seharusnya dan selayaknya dilihat," ujar Arto dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Arto menjelaskan bahwa program tersebut akan memberikan ilmu branding yang kebanyakan tidak dipelajari di sekolah-sekolah Indonesia.

"Ilmu branding tidak pernah kita proses, dengan adanya teknologi informasi, kita bisa memahami bagaimana proses itu dibangun. Ini adalah salah satu cara membuat lebih banyak lagi pengusaha memiliki risiko kesuksesan," kata dia.

Tidak hanya berbicara soal eksekutor, namun Brand Adventure, menurut Arto, akan menjadi panggung bagi brand lokal. Mensasar kaum milenial yang berpotensi membangun negeri, program tersebut akan tayang setiap Rabu di channel YouTube.

"Kami melihat penetrasi komunikasi melalui digital kita bisa mengukur lebih tepat siapa bagaimana bisa memproduksi biaya jauh ekonomis artinya lebih banyak brand yang bisa kita lihat," kata praktisi dan pegiat brand lokal itu.

Hal senada juga disampikan CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Dia melihat program tersebut dapat membantu membangun brand lokal ke sekala yang lebih luas.

"Ini bisa jadi panggung platform bagi brand lokal mempelajari bagaimana sebuah brand lokal bisa mendapat momentum atau bagaimana brand lama bisa bertahan," ujar William.

Budi Satria, Managing Director Distribution & Network Bank Tabungan Negara berharap Brand Adventure dapat mendorong perkembangan merek dalam negeri.

"Kita melihat banyak sekali brand lokal yang punya produk baru, namun branding belum menjadi kesadaran mengedukasi mereka bagaimana mengembangkan brand mereka dengan baik," kata dia.

"Kita ingin punya kontribusi mengembangkan brand lokal, dan Brand Adventure sesuai dengan misi kami untuk membangun produk dalam negeri," sambung dia.

Sebagai Executive Producer Brand Adventure Andy F. Noya melihat kehadiran Bank BTN dapat mendukung permodalan brand lokal. Tidak hanya itu, mampu mengembalikan posisi brand lokal mampu bersaing dengan brand luar.

"Saya melihat perspektif tumbuhnya brand lokal tidak dari bisnis semata tapi dampak sosialnya begitu besar. Bukan hanya raja di negara sendiri tapi bisa mendunia. Dan, kisah sukses brand lokal menjadi kebanggaan kita sebagai bangsa," ujar Noya.

Brand Adventure akan tayang perdana 8 November dan akan hadir dalam konsep season di mana satu tahun dibagi tiga season. Season pertama akan memiliki 17 episode yang akan berakhir pada 21 Februari.

Untuk kedepannya, Brand Adventure tidak hanya muncul secara online tetapi juga secara offline yang rencananya akan dimulai paling cepat tahun 2018. Selain itu, web binar lewat Facebook Live akan dilakukan pada 17 November 2017.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Mazda generasi ke-7 hadir di Indonesia tahun ini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar