Jakarta (ANTARA) - Meraih kesuksesan ketika membangun bisnis online bukan sesuatu yang mustahil, namun diperlukan pengetahuan, pemahaman dan kerja keras untuk meraih hal tersebut.

Lazada Indonesia bekerja sama dengan perusahaan lokal yang berkomitmen dalam pemberdayaan brand, AHA Commerce, membantu ratusan brand dan penjual yang ingin merintis usaha online atau meningkatkan skala bisnis.

"Ekosistem eCommerce di Lazada membuka banyak peluang ekonomi bagi siapapun yang memang mau berusaha. Kolaborasi kami dengan banyak mitra strategis, termasuk diantaranya AHA Commerce, sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian digital di Indonesia, lewat pemberdayaan brand dan penjual lokal. Bersama mitra strategis, kami siap mendukung brand untuk tumbuh besar bersama di Lazada,” kata Chief Business Officer Lazada Indonesia Stefan Winata.

Berbisnis secara online menawarkan banyak keunggulan, antara lain fleksibilitas dan fitur-fitur canggih yang bisa digunakan untuk memaksimalkan penjualan. Pelaku usaha juga bisa mengikuti program pelatihan dan promosi yang bisa disesuaikan dengan target pasar mereka.

Baca juga: Lazada mendorong bisnis lokal terapkan operasional berkelanjutan

Baca juga: Lazada Ramadan Sale beri diskon hingga 75 persen dan voucher belanja


Bersama AHA Commerce, Lazada Indonesia ingin menjadikan ekosistem mereka sebagai platform yang tepat untuk pengembangan bisnis brand dan penjual lokal. AHA Commerce memiliki layanan dari hulu ke hilir, mulai dari pengelolaan toko online, penyediaan gudang, pembungkusan pesanan, pemasaran sampai layanan pelanggan.

“Kami memahami bahwa era digital saat ini menawarkan potensi tanpa batas bagi pelaku bisnis, namun di sisi lain juga menghadirkan tantangan besar bagi mereka yang belum memiliki pemahaman mendalam soal lanskap bisnis online. Keberadaan AHA Commerce dimulai dari keinginan kami untuk membantu brand dan penjual lokal yang ada di Indonesia untuk bisa mencapai potensi bisnis optimalnya di dunia digital,” kata pendiri dan CEO AHA Commerce Stephen Lawrence.

AHA Commerce juga menawarkan sistem pemasaran berbasis teknologi bernama AHAbot, yang dilengkapi kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan setiap brand sehingga bisa menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

"Perpaduan antara pemahaman dan kapabilitas kami sebagai enabler serta keunggulan program dan fitur di Lazada yang didukung teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) berhasil menjadikan kami sebagai mitra yang tepat untuk brand lokal yang serius ingin berkembang di Lazada," kata Stephen.

Brand lokal yang bergerak di bidang perabotan rumah tangga dan furnitur plastik SHINPO adalah salah satu toko online Lazada yang sukses menjalani bisnis yang berkelanjutan dengan menggunakan AHA Commerce. SHINPO berhasil melewati tantangan selama masa pandemi.

"Data dan wawasan yang dimiliki Lazada dan AHA Commerce sangat membantu kami mengevaluasi dan menentukan arah perkembangan dan strategi bisnis secara berkala. Dengan dukungan dari AHA Commerce, kami bisa memahami preferensi pelanggan dan pengelolaan data yang tepat hingga bisa merumuskan strategi yang memang sesuai dengan tujuan bisnis kami," kata Marketing & Brand Development Manager SHINPO Livia Halim.

Setelah bekerja sama dengan AHA Commerce, SHINPO mengalami peningkatan bisnis yang signifikan di Lazada, antara lain jumlah pelanggan tetap, pengikut toko sampai omzet. SHINPO saat ini memiliki 600 karyawan dan melayani pelanggan yang tersebar di Indonesia.

Sampai hari ini AHA Commerce membantu peningkatan omzet hingga sembilan kali lipat bisnis lokal, dengan nilai omzet ratusan juta hingga miliaran rupiah. AHA Commerce dinobatkan sebagai Indonesia Lazada Partner of The Year dan LazMall 2023 Brands Future Forum (BFF) Awards, apresiasi tahunan Lazada kepada brand dan mitra yang bergabung dalam ekosistem eCommerce Lazada.

Kunjungi Lazada Seller Center sekarang juga untuk berkembang bersama Lazada!

Baca juga: Lazada catat keunikan baru konsumen dalam penuhi kebutuhan Ramadhan

Baca juga: Lazada gelar Ramadhan Sale respons perilaku belanja daring saat puasa

Baca juga: Kumpul 20.000 permata, Lazada bagikan paket umrah di "Ramadhan Sale"

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024