Jakarta (ANTARA) - Bulan suci Ramadhan kembali hadir menyapa umat Muslim dengan berbagai persiapan yang dilakukan, seperti berbelanja kebutuhan, namun di tahun ini, jenama ritel daring Lazada Indonesia mengungkapkan keunikan baru dari kebiasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya selama momen Ramadhan dan menjelang hari raya.

Konsumen Indonesia kian cerdas dalam melakukan persiapan dan perencanaan belanja, khususnya dengan memanfaatkan berbagai penawaran menarik. Sebagian kita pun pasti pernah mendengar istilah “aji mumpung” atau “kaum mumpung mumpung”, yang didefinisikan sebagai kalangan masyarakat yang selalu memaksimalkan berbagai kesempatan menarik.

Perilaku ini juga tergambar dari hasil survei yang dilakukan Lazada terhadap 600 responden berusia 19 hingga 35 tahun yang mengungkapkan bahwa sebanyak 95 persen dari responden aktif saat ini gencar mencari info diskon atau promo belanja selama Ramadhan, terutama melalui belanja online. Hal ini juga selaras dengan riset perilaku konsumen yang dilakukan Google, dimana sebanyak 93 persen pembelian yang terjadi selama bulan Ramadhan telah direncanakan oleh konsumen.

Baca juga: Kumpul 20.000 permata, Lazada bagikan paket umrah di "Ramadhan Sale"

Baca juga: Lazada gandeng pelatih bisnis Rika Yeo untuk optimalkan penjualan toko



“Momen belanja Ramadhan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan, dan kami memahami konsumen saat ini semakin terencana dalam berbelanja kebutuhannya di bulan Ramadhan. Dari hasil survei yang kami lakukan, lebih dari 80 persen responden mengatakan perencanaan berbelanja kebutuhan Ramadan dilakukan beberapa hingga satu sampai dua minggu sebelum memasuki puasa. Oleh karena itu, Lazada Ramadan Sale kami hadirkan sejak jelang bulan Ramadan dan akan berlangsung selama satu bulan penuh, yaitu dari tanggal 8 Maret hingga 8 April, sehingga bisa membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka di setiap fase dalam menyambut hari raya Idul Fitri,” kata Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo dalam keterangan tertulis, Senin.

Lebih dari 80 persen responden juga mengatakan, perencanaan belanja kebutuhan Ramadhan dilakukan beberapa hari hingga satu sampai 2 minggu sebelum memasuki puasa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lazada Ramadan Sale dimulai satu minggu menjelang puasa, dan berlangsung selama satu bulan penuh, yaitu dari tanggal 8 Maret hingga 8 April, agar dapat memaksimalkan pengalaman belanja konsumen di bulan ini. Tak ketinggalan, konsumen juga dapat bermain Lucky Egg melalui aplikasi Lazada dan memenangkan 1 paket Umroh gratis setiap harinya mulai dari tanggal 8 Maret hingga 8 April. Khusus untuk periode Mega Sale, terdapat lima paket umrah premium yang dapat dimenangkan setiap hari.

“Momen belanja Ramadhan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan yang kian bertambah dan berubah selama bulan Ramadhan, dimana kebutuhan rumah tangga merupakan kategori yang menjadi favorit masyarakat untuk berbelanja jelang persiapan Ramadhan dengan persentase sebanyak 74.5 persen, hingga di minggu berikutnya kebutuhan semakin luas merambah kategori fashion hingga perlengkapan mudik. Untuk itu, Lazada mengajak konsumen untuk dapat memilah info dan memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik yang dihadirkan Lazada agar tidak hanya sekedar menjadi kaum ‘mumpung-mumpung”, ungkapnya.

Untuk memulai antisipasi lonjakan pembelian di bulan Maret ini, Lazada menghadirkan berbagai penawaran yang dapat ditemukan mulai dari Lazada Sale 3.3 yang dimanfaatkan konsumen untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan harian, dimana produk-produk ibu dan anak, seperti popok dalam jumlah besar dan susu siap saji menjadi produk paling diminati, bersama dengan produk perawatan pribadi seperti sampo dan sabun.

“Setelah memenuhi kebutuhan pokok dan harian, kebutuhan konsumen menjelang persiapan puasa dan di minggu-minggu pertama Lazada bergeser dengan kebutuhan rumah tangga menjadi kategori favorit,” jelasnya.

Dilanjutkan dengan Ramadan Sale dimana konsumen dapat menikmati diskon hingga 50 persen serta voucher bonus hingga 1 juta rupiah. Yang tak kalah menarik, pelanggan setia Lazada bisa mendapatkan penawaran terbaik pada periode puncak Mega Sale Ramadan yang dimulai pada tanggal 24 Maret hingga 31 Maret, pukul 20.00, tersedia diskon hingga 75 persen serta voucher bonus hingga Rp1,4 juta dan tentunya Lazada selalu memberikan Gratis Ongkir tanpa minimum pembelian se-Indonesia.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan berbagai penawaran spesial khusus bulan Ramadhan melalui aplikasi Lazada sekaligus menjadi cara Lazada menemani momen ramadan para konsumen, seperti:

● Voucher potongan harga senilai up to 50 persen di LazMall Daily dapat dikumpulkan melalui aplikasi Lazada setiap hari pukul 03.00 pagi, saat sahur, untuk digunakan dalam pembelian berbagai kebutuhan pokok yang biasanya populer untuk persiapan sahur dan berbuka.
● LazFlash dengan penawaran 1 unit mobil dan 6 unit motor seharga hanya 1 rupiah. Tidak hanya memberikan kesempatan untuk memenangkan paket umroh, tetapi juga memungkinkan konsumen untuk membeli motor dan mobil dengan harga Rp1 per unit setiap harinya selama periode promo puncak Ramadan Mega Sale.

Tidak hanya menghadirkan beragam diskon dan voucher bonus, Lazada juga mengadakan seller conference pada tanggal 13 Maret lalu yang dihadiri oleh 700 seller. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan, strategi, dan meningkatkan kolaborasi, guna memaksimalkan penjualan selama bulan Ramadan lewat berbagai workshop yang dihadiri oleh trainer ternama seperti Rika Yeo yang berbagi insight mengenai tips dan trik berjualan yang dapat diaplikasikan oleh seller.

“Seluruh rangkaian ini juga merupakan bentuk komitmen Lazada, tidak hanya kepada para konsumen namun dalam upaya untuk terus memberdayakan brand lokal Indonesia, serta memberikan kesempatan kepada pemilik brand untuk mengoptimalkan momentum Ramadan guna meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka”, tutup Amelia Tediarjo.

Baca juga: Lazada gelar Ramadhan Sale respons perilaku belanja daring saat puasa

Baca juga: Tiga produk ini paling diburu saat belanja online jelang Lebaran

Baca juga: Lazada: produk fashion paling dicari selama Ramadhan


 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024