Jakarta (ANTARA) - Lazada Indonesia melalui unit bisnis Lazada Logistics menggelar Lazada Sustainability Academy Awards 2024 yang mendorong bisnis lokal menerapkan operasional yang berkelanjutan, baik dari kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis.

Lazada Sustainability Academy Awards 2024 juga merupakan ajang apresiasi pelaku bisnis dalam ekosistem Lazada yang mulai bergerak ke arah operasional berkelanjutan.

"Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis lainnya di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam operasional bisnis yang tetap memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis. Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya,” kata SVP Logistics Lazada Indonesia Adiputra Wiharja.

Baca juga: Lazada gandeng pelatih bisnis Rika Yeo untuk optimalkan penjualan toko

Baca juga: Mewujudkan mimpi dengan berjualan alat pancing di Lazada


Lazada Sustainability Academy Awards merupakan bagian dari Lazada Sustainability Academy yang diluncurkan Lazada pada Oktober 2023 untuk memberdayakan bisnis yang memiliki pola pikir dan pengetahuan menuju transformasi ke arah berkelanjutan. Lazada Sustainability Academy memberikan edukasi operasional berkelanjutan yang sederhana, praktis dan bisa disesuaikan dengan bisnis.

Perkembangan ekosistem ekonomi digital jelas bermanfaat besar terhadap pertumbuhan bisnis lokal. Meski demikian, masih ada tantangan pengelolaan limbah plastik yang harus dihadapi industri.

Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2023 menunjukan ekonomi digital Indonesia menyumbang 18,9 persen dari total 17,4 ton total timbulan sampah. Sebanyak 33,5 persen atau 5,8 juta ton dari 17,4 ton timbulan sampah belum terkelola sehingga membutuhkan penanganan yang serius dari pemangku kepentingan.

Lazada sendiri telah mulai mengambil peran dalam pengelolaan limbah sampah, diantaranya yaitu menggunakan kardus karton bersertifikasi Forest Stewardship Council dan kertas serut daur ulang untuk pengiriman dari merek dan penjual yang tergabung dengan layanan Fulfillment by Lazada serta terus mengedukasi dan memberdayakan brand dan penjual yang tergabung di Lazada untuk mulai mengadopsi prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan bisnisnya.

Pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024

Lazada Logistics memberikan penghargaan kepada lima penjual yang keluar sebagai pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024. Kelima pemenang dinilai dengan parameter sosial, ekonomi, manusia dan lingkungan.

Baca juga: Kumpul 20.000 permata, Lazada bagikan paket umrah di "Ramadhan Sale"

1. Berkah Wangi Parfum

Brand kecantikan dari Jakarta Berkah Wangi Parfum menjadi juara umum dengan mengantongi nilai tinggi hampir pada seluruh kategori penilaian. Berkah Wangi Parfum, yang menjual parfum dan pengharum ruangan, menunjukkan usaha dalam mengembangkan praktik bisnis yang mendorong pertumbuhan dan meningkatkan operasional yang berkelanjutan.

2. Al- Mubarokah Herbal

Al- Mubarokah Herbal, yang menjual madu dan produk herbal, keluar sebagai juara dalam kategori Sosial, yaitu mendedikasikan bisnisnya untuk menyediakan produk berbahan alami.

Al- Mubarokah Herbal menerapkan pemeliharaan dan panen lebah yang berkelanjutan dan menyediakan madu yang langsung diproses untuk mempertahankan kualitas produk dan membangun kepercayaan konsumen.

3. GUDANG JEAN'S

Pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024 kategori Ekonomi adalah GUDANG JEAN'S, merek yang menjual produk fesyen. GUDANG JEAN'S dinilai memanfaatkan pemahaman bisnis dan kemampuan perencanaan strategis supaya bisa unggul di pasar.

GUDANG JEAN'S menerapkan strategi bisnis baru untuk meningkatkan operasional berkelanjutan, yang didasari analisis biaya-manfaat dan penilaian risiko pinjaman.

4. chipa

Merek chipa keluar sebagai pemenang Lazada Sustainability Academy Awards 2024 kategori Manusia atas keberhasilannya membina kesejahteraan karyawan serta komitmen terhadap nilai keberlanjutan dalam pemilihan pemasok.

chipa ialah UMKM kecantikan dari Jakarta yang terlibat aktif dengan komunitas lokal sehingga membangun rasa kebersamaan yang kuat bagi bisnis. Mereka menunjukkan komitmen kuat dalam memotivasi karyawan untuk meningkatkan keterampilan melalui penggunaan perangkat lunak supaya kemampuan kewirausahaan mereka berkembang.

5. Damai Fashion

Damai Fashion membawa pulang piala Lazada Sustainability Academy Awards 2024 untuk kategori Lingkungan karena berhasil beralih dari kemasan plastik ke kardus. Merek fesyen untuk perempuan itu menunjukkan pemahaman yang mendalam soal siklus hidup produk yang dijual.

Lazada menilai Damai Fashion memanfaatkan pengetahuan mereka untuk menyusun strategi pengelolaan barang cacat atau tidak terjual supaya tidak menjadi sampah. Merek tersebut juga menggunakan media sosial untuk mengedukasi konsumen tentang pelestarian lingkungan dan konsep berkelanjutan.

Baca juga: Sambut Hari Raya dengan produk beauty di Lazada

Baca juga: Lazada Ramadan Sale beri diskon hingga 75 persen dan voucher belanja

Baca juga: Lazada catat keunikan baru konsumen dalam penuhi kebutuhan Ramadhan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024