Jakarta (ANTARA News) - Pelita Jaya (PJ) EMP Jakarta sukses menjadi juara turnamen bola basket pra-musim Perbasi Cup 2017 setelah mengalahkan Satria Muda Pertamina dengan skor 82-77 di partai final, Jumat.

Bertanding di Britama Arena, Jakarta, pertarungan berlangsung ketat sejak awal. Pelatih Pelita Jaya EMP Jakarta Johannis Winar lalu menurunkan Adhi Pratama untuk menjaga terhadap pemain andalan SM Pertamina Dior Lowhorn.

Strategi tersebut berhasil, terbukti Lowhorn hanya mencetak empat poin di kuarter pertama yang berakhir dengan skor 21-20 untuk keunggulan Pelita Jaya.

Di kuarter kedua, Pelita Jaya langsung menggebrak dengan membuat enam poin hasil tembakan dua angka beruntun melalui Chester Giles, Xaverius Prawiro dan Wayne Bradford.

Lowhorn kemudian memperkecil kedudukan menjadi 27-22. Di kuarter kedua ini, Lowhorn memang relatif lebih bebas dan bisa membuat 10 angka.

Namun, Pelita Jaya tetap memimpin di akhir kuarter dengan skor 44-33.

Usai jeda, SM terus berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka akhirnya bisa melakukkannya setelah tembakan dua angka small forward Arki Dikania Wisnu masuk dan menjadikan kedudukan 49-48. Ini keunggulan pertama SM atas PJ selepas kuarter kedua.

Akan tetapi, keunggulan itu tidak lama karena Daniel Wenas berhasil memasukkan tembakan tiga angka dan membuat kedudukan menjadi 52-51 kembali untuk keunggulan PJ.

PJ pun bisa mempertahankan keunggulan 60-57 hingga kuarter ketiga berakhir.

Kuarter pamungkas berjalan semakin panas. Bahkan sempat terjadi keributan kecil setelah Arki Dikania Wisnu mendorong guard PJ Respati Ragil, yang hampir memasukkan bola, hingga tersungkur keluar lapangan.

Arki pun dinyatakan melakukan "technical foul" dan karena sudah melakukannya dua kali, forward kelahiran New York, Amerika Serikat, ini harus keluar dari pertandingan.

Setelah itu, PJ semakin bebas membombardir SM bahkan sampai unggul jauh 70-60. Dior Lowhorn sempat memperpendek jarak skor menjadi 80-77, dua tembakan bebas terakhir guard impor PJ Wayne Bradford menuntaskan perlawanan SM. Pertandingan pun berakhir dengan skor 82-77.

Ini merupakan gelar Perbasi Cup pertama Pelita Jaya EMP Jakarta dan gelar kedua beruntun setelah sebelumnya menjuarai Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017 juga setelah mengalahkan SM Pertamina.

Di kubu SM, Dior Lowhorn menjadi pencetak angka terbanyak di laga tersebut dengan 29 poin, enam rebound dan dua assist.

Di PJ, pencatat angka tertinggi adalah Wayne Bradford dengan 28 poin, enam rebound dan empat assist.

Adapun dari pertandingan lain, Pacific Caesar Surabaya berhasil merebut posisi kelima Perbasi Cup 2017, mengalahkan Siliwangi Bandung dengan skor 70-66.

Sementara posisi ketiga Perbasi Cup 2017 diraih Stapac Jakarta usai menundukkan Hangtuah Sumsel 74-72.



Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2017