Bekasi (ANTARA News) - Persija Jakarta berhasil menang atas tuan rumah Bhayangkara FC 2-1 dalam laga akhir Liga 1 Musim 2017 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam.

Bhayangkara tampil tanpa beban menjamu tamunya Persija Jakarta di hadapan puluhan ribu suporter The Jak Mania sejak wasit Yeni Krisdianto meniupkan peluit dimulainya babak pertama pertandingan.

Gol perdana bagi tuan rumah diciptakan oleh Illija Spasojevic di menit ke-3 dengan memanfaatkan umpan silang Ilham Udin Armaiyn dari tengah kotak penalti.

Operan tersebut langsung disambar Spaso yang berhadapan dengan kiper Andritany Ardhiyasa.

Namun sepakan Spaso yang menyasar sudut kiri gawang Persija tak mampu dihalau Andritany hingga memaksa sang kiper memungut bola dari dalam gawangnya.

Gol tersebut mengubah kedudukan papan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Bhayangkara.

Tertinggal 1 gol, Macan Kemayoran semakin agresif memberikan tekanan kepada The Guardian dengan mendominasi serangan selama hampir 30 menit babak pertama.

Namun peluang yang diraih duet Bambang Pamungkas dan Bruno Da Silva Lopes meleset dari target tembakan dan berulang kali terbaca oleh kiper Bhayangkara Awan Seto.

Beberapa menit jelang berakhirnya babak pertama, Evan Dimas dan kolega nyaris memanfaatkan peluang menjadi gol lewat marque player Paulo Sergio yang berhasil menerobos pertahanan Persija melalui sprit cepat hingga ke dalam kotak penalti namun terhadang oleh kiper.

Adalah Ramdani Lestaluhu yang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat terjadi kemelut di mulut gawang Bhayangkara.

Pemain berkostum 7 itu menyambar bola tepat di depan gawang dan menyepakan tendangan pisang yang gagal dihalau garda pertahanan Bhayangkara serta Awan Seto.

Gol tersebut berlangsung pada 1 menit jelang berakhirnya babak pertama.

Usai turun minum, tim asuhan Stefano Cugurra Teco semakin memperkuat lini serangnya dengan menampilkan operan bola jarak jauh dari masing-masing kaki pemainnya.

Pada menit ke-67 Bruno kembali memperoleh peluang gol namun sepakan kerasnya mmebentur tiang gawang di sisi kanan.

Meski berada di bawah tekanan perlawanan tamunya, tim tuan rumah Bhayangkara mencoba mengoyak pertahanan Persija lewat sisi kiri lapangan.

Agresivitas Andritany yang memilih meninggalkan pos jaganya untuk berduel dengan Dendi Sulistiawan nyaris berakibat blunder setelah sang kiper berhasil dikelabuhi gocekan, namun garda pertahanan Persija langsung merapat menutup mulut gawang hingga bola yang disepakan Dendi membentur kaki pemain bek belakang Persija.

Situasi itu membuat pertahanan Bhayangkara terbuka karena fokus para pemain belakangnya terpecah pada kondisi tersebut.?

Kurang dari 1 menit kemudian, penyerang Persija Muhammad Hargianto manfaatkan momentum tersebut dengan menggiring bola hasil operan jarak jauh.

Awan Seto yang berupa melakukan penyelamatan gawang dengan menghadapi penyerang Persija justru terpedaya dengan sontekan bola lambung yang tepat jatuh di dalam gawang Bhayangkara pada menit 84.

Kedudukan 2-1 untuk kemenangan Persija Jakarta bertahan hingga berakhirnya pertandingan.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017