Samarinda (ANTARA News) - Peneliti orangutan dari Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman, Yaya Rayadin mengungkapkan bahwa populasi orangutan di wilayah hutan Kalimantan Timur masih tersisa sekitar enam ribu ekor.

Menurut Yaya di Samarinda, Selasa, habibat binatang dilindungi tersebut banyak tersebar di Bentang Alam Kutai, yang berada di beberapa kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Kutai Barat dengan areal seluas 3 juta hektare.

Meski masih berjumlah ribuan, menurut Yaya bahwa populasi orang hutan tersebut telah mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Hal tersebut dibuktikan dengan semakin sempitnya ruang untuk habitat orangutan di Kaltim, karena banyak tergeser untuk wilayah perkebunan dan pertambangan

"Logikanya habitatnya terus berkurang, otomatis pakan berkurang. Sementara, yang diperlukan orangutan itu pakan," kata Yaya, di sela kegiatan Penyusunan Rencana Aksi Konservasi Orangutan, Regional Kaltim.

Indikator berkurangnya pakan, kata Yaya, terlihat dari sebaran orangutan, yang kerap ditemui di konsesi perkebunan sawit, pertambangan, hutan tanaman industri (HTI), kebun masyarakat, hingga perkampungan.

"Sebaran orangutan identik dengan ketersediaan pakan," kata Yaya.

Hal ini ditunjukkan dengan indikator struktur populasi yang tak lagi seimbang. Dari beberapa orangutan yang diselamatkan, ditangkap dan laporan lembaga lain yang diterima Yaya, 60 persen diantaranya merupakan pejantan dewasa.

"Ini bahaya. Karena betina dan anak sedikit. Indikator Struktur populasi yang rusak, ini jalan terdekat menuju kepunahan orangutan di beberapa tempat," tegasnya.

Sementara Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Sunandar, Selasa mengatakan hanya ada satu lokasi yang dinyatakan layak sebagai tempat relokasi orangutan, yakni di area PT Rehabilitasi Habitat Orangutan Indonesia (Rhoi), seluas 86 ribu hektare.

"Harusnya sudah tidak ada lagi orangutan di kandang. Faktanya, kita kesulitan lokasi pelepasliaran orangutan. Tempat lain memang ada, tapi yang sudah dikaji pemerintah itu baru PT Rhoi," kata Sunandar.

Kendala lain yang membuat orangutan tak dilepasliarkan kembali ke alam yakni penyakit dan kemampuan individu orangutan di alam liar.

Pewarta: Arumanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017