Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menyatakan pemain-pemain yang berlaga di Kejuaraan Nasional antarklub PGN Livoli 2017 divisi utama pada 2-9 Desember 2017 akan dipantau untuk masuk skuat Asian Games 2018.

"Dalam Kejuaraan Nasional ini memang kami mempersiapkan pemantau bakat untuk melihat para pemain di ajang ini karena di sini semua pemain nasional bertarung. Jadi ini merupakan ajang paling bagus untuk mempersiapkan skuat pelatnas kami mulai Januari 2018," kata Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan (PP PBVSI) Hanny S Surkatty dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Kendati akan mencari pemain-pemain Pelatnas dari ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bola voli tersebut, pihak federasi menyatakan tidak akan merombak seluruh tim namun hanya untuk melakukan promosi dan degradasi pemain dalam skuat tim nasional yang diturunkan pada SEA Games 2017 Malaysia.

"Mungkin 10-20 persen saja yang ada pergantian, lainnya saya rasa tidak. Jadi perombakan karena kita mencari yaang terbaik saja. Pertimbangannya bukan dari segi usia yang dirombak karena jam terbang juga termasuk salah satu pertimbangan," ujar Hanny.

Selepas Kejurnas antarklub Bola Voli 2017 ini, PBVSI juga memiliki agenda untuk menggelar liga bola voli (proliga) pada awal tahun 2018. Pihak federasi sendiri memajukan jadwal pelaksanaan proliga dari bulan Februari ke Januari demi mengejar fokus Pelatnas pada Asian Games.

"Memang kami memajukan jadwal proliga tersebut salah satu alasannya adalah karena mepetnya jadwal persiapan Pelatnas Asian Games. Jadi kami rencanakan proliga bisa selesai awal April dan sudah selesai, sehingga setelah itu tim Pelatnas bisa fokus Asian Games," ujarnya.

Kejurnas antarklub Bola Voli PGN Livoli 2017 divisi utama akan digelar pada 2-9 Desember mendatang dengan diikuti sebanyak delapan tim putra dan delapan tim putri akan di GOR Dimyati, Tangerang, Banten.

Klub peserta dari perhelatan tahunan berhadiah total Rp193 juta ini, merupakan peringkat satu hingga enam pada pelaksanaan tahun lalu, ditambah dua tim promosi dari Livoli Divisi 1 tahun lalu.

Di kelompok putra, tim yang baru dipromosikan adalah Mabes TNI Jakarta dan Surya Muda Salatiga. Sedangkan putri, PGN Popsivo Polwan dan Vita Solo.

Keenam tim putra lainnya terdiri dari TNI AU, Bhayangkara Samator, Mars Kota, Berlian, Indomaret dan Yuso Gunadharma. Sedangkan di bagian putri adalah TNI AU, Bank Jatim, Alko, TNI AL, Mabes TNI dan Petrokimia Gresik.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017