Siak (ANTARA News) - Sejumlah 70 pebalap dari enam tim nasional dan delapan tim asing akan berpartisipasi dalam lomba balap sepeda Tour de Siak 2017 yang akan dimulai pada 29 November - 1 Desember 2017 di Kabupaten Siak, Riau.

"Total tim yang akan ikut pada Tour de Siak 2017 ini ada sebanyak 14 tim, enam tim dalam negeri dan delapan luar negeri," kata Ketua Panitia Tour de Siak yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Fauzi Asni, Selasa.

Enam tim nasional yang akan berlaga adalah KFC Bike Team, Perusahaan Gas Negara (PGN) Bike Team, Custom Cycling Club (CCC), Banyuwangi Road Cycling Counity (BRCC), United Bike Kencana (UBK), dan BSP-Siak. sementara delapan tim internasional adalah Kuala Lumpur (Malaysia), Go For Gold (Filipina), Selangor (Malaysia), CCN Cycling Team (Laos), Sapura Cycling Team (Malaysia), PCS Cycling Team (Belanda), VIB Cycling Team (Bahrain), dan UPCT Brunei Cycling Team (Brunei Darussalam).


Sedangkan negara yang mengutus pebalap untuk mengikuti kejuaraan ini selain Indonesia diantaranya Malaysia, Brunai Darussalam, Belanda, Maroko, Slovenia, Bahrain, Filipina, Mongolia, Spanyol, dan Libya.

Pembukaan Tour de Siak sudah dimulai hari ini (28/11) dengan menggelar "fun bike" dan parade atlit. Dilanjutkan besok (Rabu, 29/11) dengan melintasi etape I Siak - Dayun sepanjang 154,18 kilometer (Km).

Etape II pada Kamis (30/11) Siak-Sungai Apit sepanjang 115, 45 Km dan Etape III Siak City Race (hari terakhir) sepanjang 92,06 Km.

Fauzi  mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya yang melintasi empat etape. Tahun ini perhelatan Tour de Siak menghilangkan etape Siak-Perawang dikarenakan kondisi jalan yang masih rusak hingga saat ini.

Tujuh Puluh pebalap nasional dan internasional akan melakukan start semu di depan Istana Siak, sementara start asli akan diambil di depan Gedung Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Siak.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017