Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik pemberitaan pada Rabu (29/11) masih layak untuk dibaca antara lain operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali dibuka, KPK memblokir rekening Setya Novanto berserta keluarganya, hingga pakar kuliner Bondan Winarno tutup usia.

Bandara Ngurah Rai dibuka

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan membuka kembali operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Rabu pukul 15.00 WITA.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan bandara dibuka kembali setelah ruang udara di seputar bandara sudah tidak tertutupi oleh debu vulkanik akibat letusan Gunung Agung.

"Dari hasil rapat koordinasi Emergency Operation Centre (EOC) pada hari ini pukul 13.00 WITA, didapat kesimpulan bahwa sebaran vulcano ash sudah bergerak ke arah tenggara dan sudah tidak menutupi ruang udara I Gusti Ngurah Rai. Dengan demikian aktivitas penerbangan di bandara tersebut sudah bisa dilaksanakan dengan normal," ujarnya.

KPK benarkan telah blokir rekening Setya Novanto dan keluarga

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan telah memblokir rekening Ketua DPR RI Setya Novanto dan keluarganya.

"Sebagai bagian dari proses penyidikan kasus KTP-e mengacu pada Pasal 12 ayat (1) huruf d Undang-Undang KPK telah dilakukan pemblokiran rekening terhadap rekening Setya Novanto, isteri, dan anak-anak Setya Novanto," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu.

Selain itu, kata Febri, KPK juga telah memblokir dua rekening perusahaan, yaitu PT Murakabi Sejahtera dan PT Mondialindo.

Presiden Jokowi bahas kandidat Dirjen Pajak

Presiden Joko Widodo mengungkapkan kandidat Direktur Jenderal Pajak untuk menggantikan Ken Dwijugiasteadi mulai dibahas Rabu siang.

"Dirjen Pajak siang ini baru dibahas dalam rapat Tim Penilai Akhir atau TPA," kata Presiden Jokowi usai membuka Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Rabu.

Saat ini Dirjen Pajak Kementerian Keuangan dijabat oleh Ken Dwijugiasteadi. Namun ia akan memasuki masa pensiun pada Desember 2017.

Inalum resmi menjadi holding BUMN industri pertambangan

Perseroan Terbatas Indonesia Asahan Inalum resmi menjadi holding Badan Usaha Milik Negara industri pertambangan setelah hasil rapat umum pemegang saham luar biasa PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan Timah Tbk menyetujui perubahan status dari persero menjadi non-persero.

"Hari ini (29/11), kita mengumumkan holding pertambangan sudah resmi terbentuk. Anggota holding-nya, yakni PT Timah, PT Bukit Asam, dan PT Antam. Sekarang, kita berempat sudah menjadi saudara, bertekad bekerja sama," ujar Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Rabu.

Ia optimistis pembentukan holding BUMN tambang ini dapat menjadikan industri pertambangan Indonesia dapat bersaing dan setara dengan perusahaan-perusahaan besar sejenis di dunia.

"Pokoke Maknyus" itu telah pergi

Seorang pakar kuliner Indonesia Bondan Winarno tutup usia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Rabu (29/11) pagi. Pemandu acara televisi wisata kuliner itu kerap melantunkan "pokoke maknyus" untuk mengungkapkan betapa nikmatnya kuliner yang ia cicipi.

Kelahiran Surabaya, 29 April 1950 ini terkenal sebagai seorang dengan "lidah cerdas". Ia mampu mendeskripsikan dengan rinci bumbu-bumbu dari makanan yang ia nikmati. Tidak hanya itu, ia kerap memaparkan dari asal dari bumbu-bumbu yang digunakan dan membandingkannya dengan makanan serupa dari negara atau daerah lain.

Dengan gaya dan cara mengunyah yang khas, Bondan memperkaya wawasan kuliner pemirsanya. Tidak hanya itu, pemirsa juga akan dibawa menelan ludah, karena seakan ikut merasakan apa yang ia makan.

Film Turah sabet "Best Director" di ASEAN Film Awards

Wicaksono Wisnu Legowo, Sutradara Film "Turah" terpilih sebagai sutradara terbaik (Best Director) dalam ajang ASEAN Film Awards yang dilaksanakan dalam rangkaian ke-20 Vietnam Film Festival di Trung Vuong Theatre, Da Nang, Vietnam, 28 November 2017.

Berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Hanoi yang diterima di Jakarta, Rabu, Film "Turah" masuk tiga nominasi dari empat kategori, yaitu Best Actor, Best Director dan Best Movie. Wicaksono Wisnu Legowo berhasil menjadi Best Director dengan menyisihkan dua sutradara negara ASEAN lainnya, yaitu Mikhail Reid (Filipina/Birdshot) dan K. Rajagopal (Singapura/A Yellow Bird).

Sementara itu, Best Actress diraih oleh Mary Joy Apostol (Filipina/Birdshot) dan Best Actor dimenangkan oleh Sivakumar Palakhrisnan (Singapura/A Yellow Bird). Film A Yellow Bird asal Singapura dinobatkan sebagai Best Movie.


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017