Denpasar (ANTARA News) - Komando Resort Militer 163/Wira Satya sudah siaga menghadapi terjadinya letusan Gunung Agung yang kini sudah memasuki status Tingkat IV (Awas).

"Jajaran Korem hingga ke tingkat bawah Bintara Pembina Desa sudah siaga untuk menjaga dan membantu evaluasi warga masyarakat yang berada di zona kawasan rawan bencana," Kepala Penerangan Korem 163/Wira Satya, Mayor Infantri I Putu Sukadana, di sela Simakrama Korem 163/Wira Satya bersama media massa, di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, antisipasi sudah dilakukan Korem 163/Wira Satya, yang dalam hal ini dari personil Kodim di seluruh Bali.

"Kami dalam menghadapi bencana erupsi gunung tertinggi di Bali sudah siap siaga. Mulai dari mempersiapkan personil, perlengkapan evakuasi penduduk dan pendukung lain," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini personil Kodim yang ada di Kabupaten Karangasem sudah memasang beberapa unit tenda untuk warga pengungsi Gunung Agung.

"Selain itu personil kami sudah melakukan pengamanan dan dukungan komunikasi di pos-pos penanganan bencana di Kabupaten Karangasem," ucapnya.

Sukadana mengatakan, Kodim  saat ini sudah menerjunkan 800 personil di pos-pos itu, termasuk di daerah wisata yang dianggap rawan bencana.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017