Jakarta (ANTARA News) - Waze, aplikasi peta berbasis lalu lintas, menambahkan fitur pengaturan rute untuk sepeda motor untuk dapat mengetahui jalur yang lebih cepat dilalui kendaraan tersebut.

Dengan fitur tersebut, seperti yang tertulis dalam siaran pers, Kamis, pengendara dapat mengetahui jalur yang tidak boleh dilewati sepeda motor serta perkiraaan waktu tempuh, yang berbeda jika menggunakan mobil.

Pengendara sepeda motor juga dapat mengetahui jalur alternatif yang mungkin tidak dapat dilalui oleh mobil.

Pengguna Waze dapat mengakses fitur ini di Setting > Vehicle type, lalu pilih motorcycle, tersedia secara global untuk Android dan iOS.

Selebihnya, pengguna sepeda motor juga dapat memakai fitur reguler yang ada di aplikasi tersebut, seperti letak polisi, informasi penutupan jalan, dan perintah suara agar tidak perlu menyentuh layar saat berkendara.

Sebelumnya, Waze telah menambahkan fitur navigasi bagi pengemudi taksi sebagai bentuk dukungan untuk memberikan informasi jalur yang tidak dapat dilewati oleh pengemudi mobil pribadi.

Waze juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menyediakan fitur ganjil-genap, untuk melihat rute yang dapat dilalui pengendara mobil saat melewati jalur yang menerapkan pembatasan lalu lintas dengan aturan plat ganjil-genap.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017