Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional 3X3 putri Indonesia keluar sebagai juara turnamen uji coba ("test event") internasional Asian Games 2018 bertajuk "3X3 Asia Challenge 2017" usai menaklukkan Malaysia di partai final, Sabtu, dengan skor 13-12.

Dengan kemenangan di laga yang digelar di center court (tenis outdoor), kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, timnas 3X3 putri Indonesia total cuma mencatatkan rekor satu kekalahan dari lima laga Asia Challenge yaitu kala menghadapi Malaysia di penyisihan dengan skor 10-14.

Di tiga laga sebelumnya, timnas putri yang diperkuat Jovita Elizabeth, Lea Kahol, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi dan Agustin Graditta Retong sukses menaklukkan Thailand (15-13), Vietnam (21-6) serta Thailand di semifinal dengan skor 15-11.

Pelatih timnas 3X3 putri Indonesia Tri Hartanto menyebut timnya berhasil meraih gelar juara karena tampil tanpa beban di final.

Sebab, di kejuaraan ini, tim pelatih putri "cuma" menargetkan babak final bagi Lea Kahol dan rekan.

"Mungkin karena targetnya finalis, anak-anak tampil lepas di final. Mereka bermain maksimal dan berhasil menjalankan sistem yang sudah saya kasih," kata Tri.

Dengan gelar juara di Asia Challenge ini, Tri Hartanto kembali menggoreskan tinta emas di curriculum vitae-nya setelah pada Mei 2017 membawa timnas putri Indonesia kampiun di Kejuaraan 3X3 Asia U-18.

Sementara pemain timnas 3X3 putri Lea Kahol bersyukur bisa menjadi juara Asia Challenge 2017 di tengah persiapan yang minimal.

"Awalnya memang sulit karena waktu persiapan singkat. Latihan juga hanya satu hari setelah itu bertanding. Kami bersyukur bisa juara," tutur Lea Kahol.

Sementara dari laga lain Asia Challenge 2017, timnas putri Thailand merebut peringkat ketiga setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 21-16.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017