Pontianak (ANTARA News) - Maskapai Wings Air dibawah naungan Lion Air Group kembali kembali berekspansi dengan membuka dua rute baru yakni Pontianak-Putusibau dan Pontianak-Sintang.

"Dalam rute baru tersebut menggunakan pesawat baling-baling dengan tipe ATR 72-500/600 yang mampu menjangkau daerah-daerah dengan kategori perintis seperti menuju Putussibau dan Sintang. Penerbangan perdana pada 15 Desember 2017 mendatang," ujar Distrik Manager Lion Air Group Pontianak Lukman Nurjaman di Pontianak, Jumat.

Lukman menjelaskan penerbangan menuju Putussibau dan Sintang akan dioperasikan setiap satu kali jadwal penerbangan perharinya.

Dari Pontianak akan dijadwalkan berangkat pada pukul 07.20 WIB dan tiba di Sintang pada pukul 08.00 WIB.

Sedangkan penerbangan dari Sintang akan berangkat pada pukul 08.20 WIB dan tiba di Pontianak pukul 09.00 WIB.

"Untuk penerbangan menuju Putussibau akan dijadwalkan berangkat dari Pontianak pada pukul 12.15 WIB. Sedangkan dari Putussibau akan berangkat pada pukul 13.45 WIB menuju Pontianak. Penerbangan tersebut akan memakan waktu sekitar 75 menit," paparnya.

Ia menyebutkan bahwa pembukaan rute tersebut merupakan hal penting bagi poros transportasi udara untuk Putussibau maupun Sintang menuju ibu kotanya yaitu Pontianak.

Menurutnya dengan terbukanya akses tersebut tentu akan memudahkan bagi warga, baik Sintang maupun Putussibau dalam melakukan mobilitasnya.

"Dengan transportasi udara dengan Wings Air yang menyediakan penerbangan dengan waktu tempuh yang singkat dan biaya yang efisien maka itu tentu membantu mobilitas orang dan barang. Tentunya kita juga selalu mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan para pelanggannya," kata dia.

Ia menambahkan bahwa hal penambahan rute baru juga merupakan salah satu misi dari Wings Air untuk semakin mempertajam konektivitas penerbangan antara kota dengan kabupaten maupun kecamatannya.

"Kami berharap dengan adanya rute ini akan dapat semakin menstimulasi pertumbuhan ekonomi bagi masing-masing daerah yang dituju. Kita ingin semakin mempermudahnya masyarakat untuk bepergian menuju destinasi tersebut baik untuk kunjungan bisnis, wisata, maupun keluarga, dengan sumber daya alam daerahnya yang memiliki potensi tinggi untuk terus dikembangkan seperti perkebunan sawit dan karetnya," ujarnya.

Saat ini Wings Air telah melayani penerbangan dari Kota Pontianak menuju salah satu kabupatennya yaitu Ketapang.

"Untuk ke depannya Wings Air akan terus membuka dan menghubungkan antar daerah. Sehingga dapat memberikan pilihan kepada para pelanggan untuk bepergian dengan mudah dengan total armadanya berjumlah 57 unit tipe ATR 72-500/600 yang memikili frekwensi hingga 349 penerbangan perharinya," tutup dia.

Pewarta: Dedi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017