Makassar (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mewakili Presiden Joko Widodo secara resmi menyerahkan sertifikat tanah masyarakat Sulawesi Selatan di gedung tenis indoor Telkom, jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar.

"Dengan pemberian sertifikat ini akan mempermudah untuk mengakses kesejahteraan petani di Sulawesi Selatan," papar Amran kepada ratusan penerima sertifikat di tempat itu, Kamis.

Berdasarkan data tercatat sebanyak 62.453 sertifikat tanah diberikan kepada masyarakat Sulsel. Sertifikat ini diserahkan kepada 12 perwakilan warga. Sebanyak lima ribu warga hadir dalam acara tersebut berasal dari 24 kabupaten kota di Sulsel.

Pada kesempatan itu, penyerahan sertipikat dilakukan serentak dan saling terhubung di Makassar, Sulawesi Selatan, Palu, Sulawesi Tengah, Pontianak Kalimantan Barat, Lampung, Jambi, Surabaya, Jawa Timur, dan Palembang di Sumatera Selatan melalui teleconferensi secara langsung dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo yang menyerahkan sertifikat di Pontianak, Kalimantan Barat mengatakan acara ini merupakan pembagian terakhir sertifikat di tahun 2017.

Total 1.080 juta yang dibagikan dalam acara penyerahan kali ini dari lima juta yang ditargetkan, dan tahun 2017 secara riil ada 4,2 juta sertifikat.

"Ada satu juta delapan puluh ribu dari lima juta yang ditargetkan, sedangkan yang diserahkan total ada 4,2 juta," ucap Amran Sulaiman sembari mengulang pernyataan Joko Widodo usai telekonferensi.

Penyerahan sertifikat ini, kata dia, merupakan bentuk pembuktian hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat, pahamnya pemerintah atas kebutuhan tanah oleh rakyatnya.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017