Madrid (ANTARA News) - Diego Costa tidak sabar untuk memulai masa kerja keduanya di Atletico Madrid setelah menghabiskan tiga bulan terakhir di lapangan latihan klub, di mana penampilannya terhalang larangan mendaftarkan pemain-pemain baru yang dijatuhkan kepada klub, kata sang penyerang pada Minggu.

"Saya telah menunggu lama untuk hari ini, saya telah bekerja keras dan berlatih keras namun tidak ada hal lain lain yang dapat dilakukan, saya perlu bermain, saya lelah berlatih," kata Costa pada konferensi pers.

Costa, yang turut andil membawa Atletico meraih gelar liga perdananya dalam 18 tahun pada 2014, sepakat untuk kembali ke klub itu dari Chelsea pada September dengan nilai transfer 57 juta pound, nilai yang bertambah nyaris dua kali lipat dari saat ia hengkang lebih dari tiga tahun silam.

Ia secara resmi diperkenalkan bersama rekannya sesama pemain Spanyol Vitolo -- yang didatangkan dari Sevilla pada Juli dengan biaya transfer 40 juta pound -- sebelum sesi latihan terbuka di Stadion Wanda Metropolitano, yang menurut media lokal dihadiri 20.000 penggemar.

"Saya lebih tajam dibanding ketika saya tiba, saya mempersiapkan diri dengan baik dan bekerja keras dan saya siap untuk membantu tim dan mencetak gol demi gol," kata Costa.

Larangan mendaftarkan pemain-pemain baru yang dijatuhkan kepada Atletico karena transfer pemain muda ilegal berakhir pada Senin, yang membuat Costa dapat melakukan debutnya saat melawan Lleida Esportio di ajang Piala Raja pada Rabu, di mana penampilan perdananya di liga siap dilakukan pada Sabtu saat timnya menjamu Getafe.

Atletico menghuni peringkat kedua di liga namun kembalinya Costa tidak cukup dini bagi pasukan Diego Simeone, yang telah tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Barcelona dan kepercayaan diri mereka telah hancur akibat tersingkir dari fase grup Liga Champions.

Pertahanan mereka masih cukup solid, hanya kemasukan delapan gol dari 17 pertandingan, namun mereka memiliki masalah serius dalam menciptakan dan mengonversi peluang, mencetak total gol (25 gol) lebih sedikit dari tim-tim lain di empat besar.

Itulah yang mungkin harus diselesaikan Costa (29) dengan rekan-rekan setimnya yang baru. Antoine Griezmann merupakan pencetak gol terbanyak Atletico dengan lima gol di liga, namun Costa akan harus membuktikan kebugarannya sebab pertandingan kompetitif terakhirnya adalah untuk Spanyol di kualifikasi Piala Dunia melawan Macedonia pada 11 Juni.

Sejak Costa pergi ke London pada 2014, Atletico telah menghabiskan 144,5 juta euro untuk berusaha mencari penggantinya.

Bagaimanapun, Mario Mandzukic, Griezmann, Jackson Martinez, Luciano Vietto, Kevin Gameiro, Angel Correa, dan Fernando Torres telah gagal melampaui 27 gol di liga yang dikemasnya pada 2013/2014, yang membantu Atletico memecahkan dominasi sembilan tahun Barca dan Real Madrid.

Costa juga memenangi dua Piala Super UEFA bersama Atletico dan Piala Raja 2013.

"Dari dasar hati saya, saya ingin berterima kasih kepada klub untuk semua usaha yang mereka lakukan untuk membawa saya kembali ke sini," kata Costa.

"Hari ini kami mempersembahkan seorang pesepak bola yang tidak perlu diperkenalkan lagi," kata presiden Atletico Enrique Cerezo.

"Ini adalah rumahnya dan kami akan memberi dia sambutan sebaik mungkin," katanya, dilaporkan Reuters.

(H-RF)

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017