Aktor asal China ini akui terkendala bahasa di film kolaborasi Indonesia-China

Aktor asal China ini akui terkendala bahasa di film kolaborasi Indonesia-China

Aktor asal China Shen Hao (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Hambatan dari bahasa dan budaya yang berbeda...."

Jakarta (ANTARA News) - Bahasa terkadang menjadi salah satu kendala para sineas kala terlibat dalam film kolaborasi dua negara dan aktor asal China Shen Hao adalah salah satu sosok yang mengakui hal ini. 

Hao yang baru-baru ini terlibat dalam film "Boundless Love" karya sutradara Wang Yiming mengatakan, kendati sempat kesulitan berkomunikasi terutama dengan lawan mainnya, aktris Putri Ayudya, namun dia lega dalam prosesnya hal ini bisa dia atasi. 

"Hambatan dari bahasa dan budaya yang berbeda. Komunikasi pada awalnya sulit. Tetapi rintangan ini bisa kami selesaikan," ujar dia di Jakarta, Jumat. 

Secara pribadi, aktor berusia 30 tahun-an itu mengucapkan terima kasih pada pemerintah Indonesia dan China atas kesempatan menjadi pemeran utama dalam fim itu. 

"Saya mengucapkan terima kasih ataa dukungan pemerintah Indonesia san China, atas kesempatan yang diberikan sehingga menjadi pemeran utama dalam film ini," kata Hao.

Di lain sisi, Putri Ayudya mengatakan terkadang menggunakan bahasa tubuh dan mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris pada Hao. Dia juga mengaku terbantu dengan hadirnya penerjemah selama masa syuting. 

"Kami enggak bisa apa-apa tanpa translator. Jadi memang ada trik sendiri selama syuting. Film ini 70 persen berbahasa Mandarin. Saya mencoba berkomunikasi dengan bahasa Inggris, menggunakan bahasa tubuh, dengan Shen Hao dan juga Wang," tutur Putri.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar