Jakarta (ANTARA News) - Bank BJB Garuda Bandung menjaga asa untuk bisa melaju ke putaran playoff usai mengalahkan Satya Wacana Salatiga dengan skor 82-78 di laga hari pertama Seri VI Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 di Yogyakarta, Jumat.

Dipantau dari laman resmi IBL, hasil ini membuat Garuda berada di posisi kedua klasemen sementara Divisi Merah dengan 17 poin hasil enam kemenangan dari 11 laga (6-11).

Sementara Satya Wacana (4-10) berada di peringkat keempat klasemen sementara Divisi Putih dengan 13 poin.

Laga Garuda versus Satya Wacana yang digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut berlangsung ketat sejak tip off.

Dua poin Madarious Gibbs membawa Satya Wacana memimpin 10-5 di pertengahan kuarter pertama sebelum disamakan oleh Garuda 10-10 melalui tembakan bebas sang kapten Diftha Pratama. Namun, Satya Wacana bisa unggul di akhir kuarter dengan 14-13.

Di kuarter kedua, Satya Wacana tidak bisa mempertahankan momentum keunggulan. Sempat memimpin 23-20 saat kuarter kedua berjalan lima menit, anak-anak asuh Efri Meldi justru tertinggal di akhir kuarter 31-35.

Usai jeda, Garuda praktis menguasai laga dan tidak lagi membiarkan lawannya memimpin. Sempat mendapatkan perlawanan sengit walau big man lawan Jontaveous Sulton terkena fouled out di empat menit akhir laga, Garuda yang mengandalkan duet impor Gary Jacobs dan Roderic Flemings menyelesaikan kuarter ketiga dan keempat masing-masing dengan skor 62-55 serta 82-78.

Kemenangan tersebut disambut baik oleh staf pelatih Garuda. Namun, asisten pelatih Garuda Andri Syarel Octreanes menyatakan timnya masih memiliki kekurangan.

"Poin dari second chance kurang banyak," tutur Andri.

Sementara pelatih Satya Wacana Efri Meldi menyesalkan kekalahan itu karena sejak awal dirinya yakin timnya bisa menaklukkan Garuda.

"Kami membuat shooter Garuda tak berkembang, tetapi big man mereka banyak membuat angka karena Sulton sudah foul trouble," tutur Efri.

Center impor Roderick Flemings mencatatkan double-double untuk Garuda di pertandingan tersebut dengan 30 poin, 17 rebound dan dua assist.

Di kubu Satya Wacana, point guard asal Amerika Serikat Madarious Gibbs keluar sebagai yang terbaik di partai itu dengan 31 poin, enam rebound dan lima assist.

Berikutnya dalam lanjutan seri VI, pada Sabtu (27/1), Garuda akan berhadapan dengan BSB Hangtuah, sementara Satya Wacana meladeni tuan rumah Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018