Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menunaikan salat gerhana di Masjid Raya K.H. Hasyim Asy'ari di Jalan Daan Mogot, Jakarta, Rabu, yang bertepatan dengan harlah Nahdlatul Ulama ke-92.

"Ternyata ini bersamaan dengan hari ulang tahun Nahdlatul Ulama di Mesjid Raya Hasyim Asy'ari dan saya akan hadir di sana. Saya akan salat gerhana ikut dalam kegiatan itu dan nanti kalau mau lihat gerhana lihatnya dari sana," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Lain halnya dengan Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang mengaku akan menunaikan salat gerhana di Masjid Al Mubarok di Jl. Pramuka Sari III Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Lihat juga: Karena amat langka, BMKG ajak nonton bareng gerhana bulan total

Berkaitan dengan Gerhana Bulan Total ini, beberapa kawasan wisata di Jakarta dibuka untuk memantau fenomena alam langka itu, yakni Planetarium Taman Ismail Marzuki, Monumen Nasional (Monas), Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Taman Fatahillah, Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah danTaman Impian Ancol.

Anies telah mengeluarkan surat edaran Gerhana Bulan Total beberapa waktu lalu, untuk wilayah Jakarta.

GBT terjadi bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon. Awal GBT terjadi pada pukul 19.51 WIB dengan puncaknya 20.29 WIB dan berakhir pukul 21.07 WIB.

Baca juga: "Super blue blood moon" baru muncul lagi 2028 dan 2037



Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018