Moskow (ANTARA News) - Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada para atlet Olimpiade Rusia pada Rabu (31/1) bahwa dia menyesal pemerintahnya tidak melindungi mereka dari skandal doping.

Berbicara kepada para atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Putin juga mengecam pelarangan "aneh" para atlet Rusia dari Olimpiade Musim Dingin mendatang karena doping.

"Maafkan kami karena tidak bisa melindungi Anda dari ini," kata Putin, sambil menambahkan bahwa skandal tersebut berkontribusi terhadap "kondisi yang sangat sulit" bagi para atlet.

Komite Olimpiade Internasional melarang Rusia dari Olimpiade Musim Dingin 2018 setelah sebuah laporan mengenai skema doping yang didukung Moskow di Olimpiade sebelumnya.

Hanya 169 atlet Rusia yang diizinkan untuk ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 di bawah bendera netral sebagai "Atlet Olimpiade dari Rusia."

"Bagi kami beberapa hal benar-benar janggal," kata Putin dalam sambutannya di televisi sebagaimana dikutip AFP.

"Semoga Anda beruntung," kata Putin, sambil menambahkan bahwa dia ingin para atlet "berani."

"Ratusan ribu, jutaan penggemar yang mencintai Anda akan menyaksikan Anda," tambahnya.

Olimpiade Musim Dingin ke-23 akan dibuka di Pyeongchang, Korea Selatan, pada 9 Februari, yang menampilkan 102 acara dalam 15 cabang olah raga dan para atlet dari penjuru dunia. (hs)





Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018