Ini lima ponsel jadul yang keren pada masanya

Ini lima ponsel jadul yang keren pada masanya

Samsung SPH-N270 edisi The Matrix. (ebay.com)

Jakarta (ANTARA News) - Sejalan dengan perkembangan teknologi, ponsel-ponsel yang beredar hari ini dirancang agar lebih canggih dari para pendahulunya.

Ponsel terbitan zaman dulu, kini menjadi barang langka, bahkan jika dijual harganya bisa bersaing dengan ponsel pintar canggih terkini.

ANTARA News menghimpun beberapa ponsel jadul yang menjadi primadona pada zamannya. Pernah punya?

1. Nokia 8110
Ponsel legendaris ini salah satu cikal-bakal revolusi telepon seluler, dikeluarkan oleh Nokia, yang waktu itu menjadi raja ponsel dunia pada 1996. Nokia 8110 juga dijuluki "Nokia Pisang" karena bentuknya yang sedikit melengkung.

Ponsel ini punya tutup yang harus digeser jika ingin memencet tombol, juga untuk menjawab panggilan masuk. Film "The Matrix" (1999) membantu mempopulerkan ponsel ini.

Pada versi film, tutup ponsel yang dipakai Neo (Keanu Reeves) ini bisa membuka secara otomatis.

Nokia 8110 (Wikimedia Commons/krystof.k)


2. Motorola DynaTAC
Kalau Nokia 8110 dijuluki "pisang", Motorola DynaTAC disebut "batu bata" karena ukurannya yang super besar. Tahun 80an, ponsel ini tergolong portabel jika dibandingkan produk lain yang keluar saat itu.

Menariknya, Motorola DynaTAC sudah dikembangkan sejak 1947, tapi, baru mulai mendapat titik temu pada 1973 berkat Martin Cooper, yang dijuluki "Bapak Ponsel", seperti dilansir dari laman Phone Arena.

Baru pada 1983 versi DynaTAC 800X dijual secara komersial. Tahu berapa bobotnya? 1 kilogram.

Tahun 2007 lalu, Martin Cooper berpose dengan prototipe Motorola DynaTAC buatan 1973. (Wikimedia Commons/Rico Shen)


3. Samsung SPH-N270
Satu lagi ponsel yang populer berkat film, Samsung SPH-N270 dari film "The Matrix Reloaded". Bentuknya sesuai dengan film tersebut, futuristik dan tidak sesederhana ponsel yang keluar pada 2003.

Ponsel yang tampil di film dengan versi asli sama, tidak seperti Nokia 8110. Morpheus dalam film memencet tombol, baru terlihat layar dan bisa digunakan untuk menelepon. Kabarnya ponsel ini diproduksi terbatas, hanya 10 ribu unit.

Samsung SPH-N270 edisi The Matrix. (ebay.com)


4. iPhone 2G
iPhone generasi pertama keluar pada 2007, disebut sebagai pionir ponsel pintar berlayar sentuh pertama dan desain bodi berbeda dengan ponsel yang pernah ada.

Sewaktu pertama kali muncul, selain menarik mata para penggemar gawai berkat rancangannya, iPhone 2G juga mengagetkan karena harganya mahal, 600 dolar.

iPhone 2G (Wikimedia Commons/Pavel Sevela)


5. Nokia 3310
Feature phone Nokia 3310 begitu terkenal di Tanah Air hingga dibilang "ponsel sejuta umat". Nokia 3310 punya pembunuh rasa bosan saat menunggu, gim legendaris "Snake".

Nokia bahkan mengeluarkan versi terbaru 3310 tahun lalu dengan tampilan warna-warna cerah.

Nokia 3310 (flickr/@AsimBijarani)





Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar