Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menilai hasil para pemain Indonesia dalam turnamen India Terbuka 2018, dapat menjadi modal Merah Putih untuk menghadapi Kejuaraan Beregu Asia 2018 yang juga menjadi kualifikasi Piala Thomas dan Uber.

Di India Terbuka 2018 yang rampung pada Minggu (4/2), Indonesia mencetak dua gelar dari ganda putri dan ganda putra, serta satu posisi runner-up pada nomor ganda campuran.

"Iya, ini memberikan satu gambaran kekuatan tim Indonesia di nomor ganda untuk Piala Thomas dan Uber," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat PBSI, Susy Susanti, saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Mereka yang memperoleh prestasi di turnamen level 4 (Super 500) ini, adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu pada ganda putri, setelah menumbangkan pasangan Thailand, Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai, 21-18, 21-15.

Selanjutnya, adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pada ganda putra, setelah menundukan duet Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dengan skor 21-14, 21-16.

Sedangkan yang meraih runner-up di New Delhi, adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dari nomor ganda campuran setelah gagal meraih kemenangan dari pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen, dalam pertarungan yang berakhir dengan angka 14-21, 15-21.

Adapun pada tunggal putra dan putri, para pemain Indonesia harus terhenti pada putaran-putaran awal. Tanpa ada pemain-pemain pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) di babak utama karena lebih difokuskan pada kualifikasi Piala Thomas dan Uber, Tommy Sugiarto pada tunggal putra dan Lyanny Alessandra Mainaky pada tunggal putri, harus terhenti di putaran dua.

Kendati tak mengirimkan kekuatan utama di turnamen India Terbuka 2018, PBSI mengharapkan raihan dua gelar dan satu runner-up, memberikan semangat pada nomor tunggal putra dan putri.

"Kami berharap, hasil ini memberikan semangat juga kepada atlet lain, terutama nomor tunggal, agar bisa tampil lebih baik untuk bisa menyumbangkan poin di kejuaraan beregu Asia," ucap Susy menambahkan.

Kejuaraan Beregu Asia 2018, akan berlangsung di Stadion Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, pada 6-11 Februari 2018. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018