Bekasi (ANTARA News) - Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas memastikan situasi Kali Bekasi di Kota Bekasi, Jawa Barat, dalam situasi aman dari banjir kiriman, Senin malam.

"Saat ini situasi pertemuan Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas di Kali Bekasi dalam kondisi siaga 3. Prediksi kami aliran situasi bantaran sungai dalam kondisi yang aman pada malam ini," kata Pembina KP2C Puarman di Bekasi.

Menurut dia, pemantauan terhadap aliran Kali Bekasi dilakukan dengan memanfaatkan informasi dari petugas pantau di hulu Sungai Cileungsi dan Cikeas.

Menurut dia, hulu Cileungsi mencapai puncaknya dengan tinggi muka air (TMA) 116 centimeter dari kondisi normal 100 centimeter pada pukul 15.00 WIB, sedangkan Cikeas mencapai puncak muka air 216 centimeter dari situasi normal 200 centimeter pada pukul 20.00 WIB.

"Untuk Kali Bekasi yang menjadi pertemuan Cikeas-Cileungsi di Perumahan Pondokgede Permai Jatiasih mencapai 376 centimeter dari situasi normal 300 centimeter pada pukul 19.00 WIB dan terus menurun sampai malam ini," katanya.

Dikatakan Puarman, semua wilayah sekitar aliran Sungai Cileungsi, Cikeas dan Kali Bekasi dalam situasi aman.

"Tinggi muka air tertinggi 376 centimeter di Pondokgede Permai dan hanya masuk ke saluran air perumahan saja karena rembesan tanggul, kemudian sudah normal," katanya.

Namun demikian, pihaknya mengimbau masyarakat di sepanjang bantaran Kali Bekasi untuk tetap berwaspada menyusul situasi cuaca hujan yang tengah tinggi pada saat ini.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018