Bogor (ANTARA News) - Tim SAR masih bekerja di lokasi longsor Riung GUnung, Puncak, Kabupaten Bogor, menyusul laporan warga yang menyebut ada tiga pengendara motor yang diduga tertimbun dalam longsoran.

Upaya pencarian dimulai Selasa pagi pukul 08.00 WIB melibatkan tim gabungan dari Polres Bogor Kabupaten, TNI, Brimob Polda Jabar, BPBD, PMI, Pemadam Kebakaran, Armed, dan Tagana.

Seluruh tim yang terlibat dalam pencarian dan evakuasi ada yang bertugas menyisir, memasang terpal, dan mengamankan area di sekitar longsor.

Langkah awal evakuasi dimulai dengan pemasangan terpal di tebing setinggi kurang lebih 10 meter itu guna mengantisipasi pergerakan tanah saat pencarian berlangsung.

Menurut Kasat Lantas Polres Bogor Kabupaten AKP Hasby Ristama, pemasangan terpal baru dapat dilakukan pagi hari, hal ini untuk mengantisipasi adanya pergerakan tanah pada saat tim melakukan penyisiran dan evakuasi di bawah tebing.

"Malam tadi kita kesulitan memasang terpal, karena minim penerangan, dan medannya cukup sulit," kata Hasby.

Hasby menyebutkan pencarian diintensifkan karena berdasarkan keterangan warga, mereka melihat ada korban yang terbawa longsor pada saat kejadian Senin kemarin.

Korban diinformasikan berjumlah tiga orang, merupakan pengendara motor yang sedang melintas. Sejak pencarian kemarin, hingga kini petugas belum menemukan tanda-tanda adanya korban.

"Tetapi kita tidak ingin mengabaikan informasi apapun dari warga, tetap kita lakukan pencarian semaksimal mungkin sampai ada tanda-tanda," kata Hasby.

Upaya pencarian sudah dilakukan sejak siang kemarin, dan hingga pukul 18.00 WIB dihentikan sementara karena cuaca yang tidak mendukung, dan minimnya penerangan.

Sejak kemarin dan hingga hari ini jalur Puncak masih ditutup sebagian mulai dari titik TSI, hingga pos polisi 9 di Ciloto, Cianjur. Begitu pula dengan arus dari Cianjur menuju Bogor dialihkan melalui Jonggol.

Proses pencarian berlangsung di tengah gerimis tipis, dan mendung. Kabut tebal masih menyelimuti kawasan Puncak. Tim SAR berkonsentrasi di titik Riung Gunung yang diduga ada korban lonsgor.

Hasby mengimbau masyarakat untuk memaklumi situasi di Puncak dengan adanya penutupan jalur, karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan untuk sementara waktu.

Terdapat tujuh titik longsor di kawasan Puncak di antaranya hutan pitus, sebagian jalan amblas menyisakan 3/4 jalan yang hanya bisa dilalui satu jalur. Berikutnya di Gunung Mas, Riung Gunung, dekat Masjid At Ta`awun dan Widuri.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018