Jakarta (ANTARA News) - Produsen pakan ternak PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk memberikan bantuan bahan baku pembangunan jamban kepada warga Desa Duyungan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sebagaimana laporan PBB bahwa seperlima populasi Indonesia masih melakukan buang air besar sembarangan (BABS) karena minimnya sarana pembungan. Japfa menyasar Desa Duyungan karena daerah itu merupakan salah satu wilayah yang masih minim sarana jamban.

Dalam progam ini, Japfa Unit Sragen menyerahkan bahan baku pembuatan jamban, seperti buis beton, tutup buis, jamban, dan peralon kepada 40 keluarga di desa itu.

Bertempat di rumah salah satu warga, bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Advisor Head of Unit Sragen Afiful Haq dan Manajer Personal dan General Affair Unit Sragen Anang Suprayitno.

Warji, salah satu warga Desa Duyungan, ditunjuk menjadi perwakilan dari 40 keluarga untuk menerima bahan baku pembuatan jamban dari Japfa.

“Kesejahteraan dapat dimulai dari saling menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Penerapan pola hidup bersih dan sehat dapat didorong dengan adanya fasilitas yang memadai,” ujar Anang Suprayitno sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Kamis.

”Sarana pembuangan yang buruk haruslah ditangani untuk meminimalisir dampak pada gizi anak,” lanjutnya.

Penyerahan bantuan in dilatarbelakangi minimnya sarana jamban di Desa Duyungan sehingga banyak warga masih buang air besar dan kecil di sungai. Selain dapat mempengaruhi kebersihan sungai, lingkungan sekitar sungai tidaklah layak dan dapat menjadi sumber penyakit khususnya bagi anak-anak.

”Sebagai bentuk kepedulian Japfa terhadap warga sekitar, maka pemberian bahan baku pembuatan jamban ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa pencegahan penyakit dan terjaganya lingkungan khususnya sungai sebagai aspek penting di masyarakat,” ujar Afiful Haq.

Selain memberikan bahan baku pembuatan jamban, Japfa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan memberikan penyuluhan tentang bahaya BABS serta manfaat menggunakan jamban sebagai salah satu media pencegahan penyakit. Penyuluhan dihadiri oleh warga Desa Duyungan, Kepala desa, serta perwakilan dari Puskesmas setempat.

“Penyerahan bahan baku jamban ini juga merupakan bentuk dukungan Japfa terhadap target pemerintah di 2019 tentang sanitasi dan air bersih dengan pengadaan sarana pembuangan yang memadai,” tegas Afif.

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018