Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan agri-food PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menyalurkan bantuan 3 ton telor dan puluhan karton nugget serta sosis bagi para pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.

Selain untuk mencukupi kebutuhan pengungsi di Posko Induk Tanah Ampo, bantuan juga disebar ke beberapa posko lainnya yang ada di Karangasem.

”Bantuan tersebut tidak hanya dikirimkan ke Posko Induk Tanah Ampo, tetapi juga di beberapa posko terdekat seperti Posko Kayu Ambua, Posko Bendul, Posko Simpar, dan Posko Sibetan,” ujar Head of Region Bali II PT Ciomas Adisatwa (Japfa Group) Timor Diplan dalam siaran pers, Rabu.

Menurut Timor, selain bantuan yang disiapkan oleh perusahaan, secara swadaya karyawan Japfa juga memberikan bantuan berupa beras, minyak, gula, kopi, teh, dan alat kebersihan.

Selain memberikan bantuan dalam bentuk bahan makanan, Japfa juga membantu petani mitra mereka di Kabupaten Karangasem untuk menyelamatkan aset dan usahanya.

Dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, melalui anak usahanya Japfa mengevakuasi besar-besaran ayam yang diternakkan oleh sejumlah mitra peternak mereka di Kabupaten Karangasem.

”Sekitar lebih dari 391 ribu ekor ayam dari 83 petani di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Klungkung kami evakuasi sejak peningkatan status Gunung Agung,” ujar Timor.

“Menghadapi bencana alam Gunung Agung, Japfa mendukung berbagai upaya untuk penangangan bencana masyarakat di daerah terdampak,”  terang Head of Social Investment & Corporate Communication Japfa R. Artsanti Alif.

”Harapannya JAPFA nantinya bisa terus mendukung tidak hanya berupa logistik pengungsi tetapi juga pada aspek ekonomi masyarakat diawali dengan mengevakuasi aset peternak mitra,” tutupnya.

Kepala Logistik Posko Induk Tanah Ampo Ketut Subandi mengatakan, posko induk yang menjadi pusat pengaturan logistik untuk posko di Kabupaten Karangasem memang membutuhkan suplai telor dan ikan asin.

Dua bahan makanan pokok tersebut penting untuk mengimbangi asupan gizi para pengungsi.

“Saat ini stok beras masih mencukupi sekitar 15 ton. Tiga hari yang lalu kita distribusikan masing-masing 7 ton di setiap kecamatan di karang asem,” ujar Subandi.

Sementara stok telor justru mulai menipis. “Kita mengharapkan setiap pengungsi bisa makan telor setidaknya 1,5 butir per pengungsi per hari,” lanjutnya.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri, mengapresiasi bantuan Japfa. ”Mewakili masyarakat Karangasem, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Japfa yang sudah peduli kepada pengungsi Gunung Agung.”

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017