Jakarta (ANTARA News) - Para penggemar olah raga di seluruh dunia bersiap menyaksikan para atlet negara-negara empat musim bertarung dalam Olimpiade Musim Dingin yang akan segera dibuka hari ini.

Berikut beberapa hal yang Anda perlu ketahui dari event yang dimanfaatkan Korea Selatan untuk mengajak Korea Utara berekonsiliasi itu, dikutip dari laman ABC.

Kapan mulainya?
Kompetisi sudah dimulai 8 Februari, tetapi upacara pembukaan baru digelar hari ini 9 Februari.

Di mana diadakannya?
Pyeongchang di Korea Selatan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Ke-23 ini setelah menyisihkan Annecy di Prancis dan Muenchen di Jerman.
Pyeongchang hanya 80 mil dari Seoul dan 60 mil dari Zona Demiliterisasi yang memisahkan Korea Selatan dari Korea Utara.
Olimpiade Musim Dingin pertama diadakan di Chamonix, Prancis, pada 1924.

Mempertandingkan cabang olah raga apa saja?
Ada 102 nomor pada 15 cabang olah raga. Di antara yang bisa disebut adalah kereta salju, figure skating, kereta luncur, snowboard dan ski jumping.

Rusia dilarang ikut, mengapa?
Komite Olimpiade Internasional mengumumkan Desember tahun lalu telah melarang Komite Olimpiade Nasional Rusia berpartisipasi dalam Olimpiade gara-gara mensponsori doping diam-diam kepada atletnya. Beberapa atlet Rusia dibolehkan bertanding, dengan syarat menggundakan bendera netral.

Baca pula: Olimpiade Musim Dingin segera mulai, siap-siap nikmati jaringan 5G

Ada berapa banyak medali?
Dirancang desainer Korea Selatan Lee Suk-woo, total 259 medali akan dibagikan sepanjang Olimpiade ini, sedangkan medali emas memiliki berat 586 gram.

Apa maskotnya?
Harimau putih bernama Soohorang yang dipercaya sebagai penjaga sejarah dan budaya Korea. "Sooho," yang artinya "perlindungan",  menyimbolkan perlindungan untuk atlet, penonton dan peserta Olimpiade ini.

Siapa yang biaya Olimpiade?
Tentu saja pembayar pajak di kota penyelenggara Olimpiade. Komite Olimpiade Internasional menyalurkan 10 persen pendapatan iklan dan sponsornya kepada penyelenggara. IOC menyumbangkan 833 juta dolar AS untuk Olimpiade Musim Dingin Sochi pada 2014.
Angka itu  sangat kecil untuk membiayai sebuah Olimpiade karena menurut penelitian rata-rata perlu dana 8,9 miliar dolar AS untu sebuah Olimpiade. Olimpiade paling mahal adalah Olimpiade Musim Panas di London pada 2012 karena menghabiskan dana 15 miliar dolar.

Amankah Olimpiade Pyeongchang?
Masalah keamanan menjadi perhatian utama dalam Olimpiade ini karena diselenggarakan bersamaan dengan sangat tegangnya situasi keamanan di Semenanjung Korea menyusul uji nuklir dan peluru kendali Korea Utara.
Yang jelas Korea Selatan telah berbuat segalanya untuk memastikan Olimpiade aman, sampai-sampai harus mengusir 17 warga asing karena dianggap berpotensi menjadi ancaman teroris.

Baca juga: Jelang Olimpiade Musim Dingin, demonstran bakar bendera Korut

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018