Jakarta (ANTARA News) - Rute kereta Bangkok-Pattaya akan memudahkan turis melakukan perjalanan bolak-balik dalam sehari menuju kota pantai di Thailand yang akan mulai beroperasi Maret mendatang.

Dilansir dari kantor berita DPA, layanan kereta baru ini akan diujicoba selama enam bulan, beroperasi dua kali sehari pada akhir pekan. Kereta berangkat dari Bangkok pukul 6.30 pagi dan tiba di Pattaya pukul 9 pagi, kereta akan meninggalkan Pattaya pukul 15.50 sore dan tiba di ibu kota pukul 18.50.

Saat ini sudah ada layanan kereta menghubungkan Bangkok dan Pattaya, kota populer bagi turis yang letaknya sekitar 100 kilometer di tenggara Bangkok. Namun, kereta itu hanya beroperasi pada hari kerja, yang tiba di Pattaya pukul 11.20, sementara satu-satunya kereta dari Bangkok ke Pattaya berangkat pukul 13.35.

Kereta baru ini akan dilengkapi pendingin udara, tidak seperti kereta yang saat ini beroperasi. Perjalanan antar kota itu juga akan lebih cepat sejam, dari lama perjalanan 3,5 jam untuk kereta yang sekarang beroperasi.

Layanan rute kereta baru ini akan membantu pariwisata negara itu, kata pejabat kereta Thailand seperti dilansir DPA.

Oratai Suwannatas, eksekutif marketing pariwisata dari Kereta Api Negara Thailand, mengatakan pada DPA bahwa layanan baru itu "dibuat untuk mengakomodasi turis Thailand dan turis mancanegara yang berencana menghabiskan waktu sehari atau jalan-jalan akhir pekan ke Pattaya".

"Jadwal saat ini tidak memungkinkan untuk orang yang ingin melakukan perjalanan sehari tanpa menginap. Jarang ada turis yang menaikinya," kata Oratai.

Dia memastikan rute kereta baru itu akan dioperasikan secara permanen bila ujicoba berhasil.

Menurut Pattaya Mail, akan ada enam stasiun yang dilewati rute baru. Layanan shuttle yang mengantar turis ke tempat wisata terdekat akan tersedia di setiap stasiun.

Enam perhentian itu akan berlokasi di dekat Tiger Zoo, North Pattaya, Pattaya Floating Market, Yanasanwararam Temple, Nong Nooch Tropical Garden dan Plutaluang Railway Station.  

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018