Banyumas (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengirimkan bantuan berupa satu unit perahu karet ke Kabupaten Brebes.

"Kami mengirimkan bantuan perahu karet ke Kabupaten Brebes pascalongsor yang terjadi di wilayah tersebut," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas, Prasetyo Budi Widodo di Purwokerto, Jumat.

Bantuan tersebut, kata dia, akan dikirimkan pada Jumat malam, dan diharapkan dapat berguna untuk membantu proses evakuasi bencana di Brebes.

Selain perahu karet, kata dia, pihaknya juga sebelumnya telah mengirimkan sejumlah relawan dari berbagai unsur ke wilayah Brebes.

"Relawan asal Banyumas dari berbagai unsur sudah berangkat ke Brebes, mulai dari Tagana hingga Pramuka," katanya.

Menurut dia, truk pengangkut perahu karet, nantinya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan penanggulangan bencana di wilayah Brebes.

"Sementara baru itu yang bisa kami kirim untuk membantu saudara-saudara kita di Brebes, namun kita lihat perkembangan ke depan, kalau Brebes membutuhkan bantuan lebih banyak, kami akan mengupayakan semaksimal mungkin," katanya.

Pasalnya, kata dia, di wilayah Banyumas sendiri juga pada saat ini terjadi beberapa kejadian bencana longsor sehingga kami perlu menyiagakan peralatan dan personel," katanya.

Baca juga: BNPB: tujuh orang meninggal dari longsor Brebes

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menginformasikan adanya bencana longsor di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Brebes.

Longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem Petak 26 RPH Babakan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes pada Kamis (22/2) pukul 08.00 WIB saat tidak turun hujan.

Baca juga: Pencarian korban longsor Brebes sementara dihentikan

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018