London (ANTARA News) - Arsenal perlu ekstra waspada lantaran Manchester City membukukan rekor mentereng dengan meraih 22 kemenangan dari 25 laga terakhir yang dilakoni skuad berjuluk The Citizens dalam ajang Liga Inggris. Raihan prestasi itu mengindikasikan bahwa pasukan The Gunners jangan sekali-kali menganggap enteng lawan.

Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola melesakkan rata-rata dua gol dalam 17 dari 20 pertandingan di Liga Inggris. Dan kali ini, produktivitas gol mereka diuji kembali manakala menghadapi Arsenal dalam laga pekan ke-28 Liga Inggris yang digelar di Emirates Stadium, London, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sports 1.

Sementara, Arsenal melesakkan sekurang-kurangnya dua gol dalam 14 laga dalam 16 laga kandang terakhir mereka di ajang Liga Inggris. The Gunners juga tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan dari 20 laga kandang di ajang Liga Inggris. Dari produktivitas mencetak gol, Manchester City membukukan sekurangnya dua gol dalam 6 pertandingan dari tujuh pertandingan melawan Arsenal di seluruh kompetisi.

Manchester City juga tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir mereka melawan Arsenal di seluruh kompetisi.

Dari warta kedua tim, tersiar bahwa Henrikh Mkhitaryan siap membela Arsenal. Ia digadang-gadang dapat mengobati kekecewaan Arsenal setelah kebobolan tiga gol tanpa balas manakala melawan Manchester City lima hari lalu.

Manchester City dikabarkan tidak akan diperkuat oleh Fernandinho karena ia mengalami cedera hamstring ketika berlaga di Stadion Wembley.

Komentar manajer:

* Arsene Wenger (Arsenal):

"Kami sangat kecewa karena kami kalah dalam pertandingan penting (pada Minggu). Kami perlu bangkit dan bersiap diri sebaik mungkin menghadapi pertarungan selanjutnya. Pertandingan itu sebenarnya berlangsung ketat sampai skor 2-0."

"City punya tiga kesempatan shots on target dan kami punya dua. Untuk itu kami harus berusaha membalikkan keadaan dalam momen menentukan. Kami bermain sedikit berhati-hati dan kami perlu tampil lebih rileks dan bermain lepas ketika melawan mereka."

"Ini bagian dari tugas kami untuk membalas (kekalahan) yang lalu, dengan memfokuskan diri dalam pertandingan selanjutnya. Kami harus tampil lebih kompak."

* Pep Guardiola (Manchester City):
"(Melawan) Arsenal senantiasa memerlukan perjuangan yang berat. Pertandingan bakal berlangsung seru. Mereka boleh jadi tampil tidak konsisten dalam musim ini, tetapi mereka mampu tampil begitu kuat ketika berlaga di kandang. Ketika kami berlaga di sana, pertandingan senantiasa berlangsung alot."

"Lupakan mengenai apa yang sudah ada lakukan di masa lalu, dan segeralah menghadapi laga selanjutnya. Kami menang dan senang tetapi kami masih harus berpikir mengenai laga esok hari. Pada Mei, kami siap berpikir mengenai musim kompetisi ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Arsenal (4-3-3):

Cech (penjaga gawang), Koscielny, Mustafi, Bellerin, Kolasinac, Ramsey, Wilshere, Xhaka, Mkhtaryan, Aubameyang, Oezil

* Manchester City (4-3-3):
Ederson (penjaga gawang), Stones, Laporte, Walker, Delph, Bruyne, Guendogan, Silva, D Sila, Aguero, Sterling


Data dan fakta:


Arsenal:


* Arsenal hanya membukukan dua kemenangan dalam tujuh laga terakhir di Liga Inggris (dua imbang, tiga kali kalah).
* The Gunners hanya sekali menang dalam delapan laga terakhir mereka melawan enam tim papan atas klasemen Liga Inggris (tiga imbang, empat kali kalah).
* Mereka gagal meraih clean sheet dalam sembilan laga terakhir di ajang Liga Inggris.
* Petr Cech menjadi penjaga gawang pertama yang mampu mempertahankan 200 clean sheets di kompetisi Liga Inggris.
* Mesut Oezil membukukan 49 assists dalam 138 penampilan di ajang Liga Inggris.

Manchester City:

* Manchester City hanya sekali menelan kekalahan dalam 35 laga terakhir di ajang Liga Inggris, dengan mengoleksi 29 kali kemenangan dan lima hasil imbang.
* Raihan City yang mencapai 72 poin dari 27 pertandingan merupakan capaian tertinggi dalam musim kompetisi ini. Jika mereka menang melawan Arsenal, maka total poin mereka mencapai 75 poin. 
* Sergio Aguero mencetak gol dalam lima penampilan terakhir melawan Arsenal di seluruh kompetisi. Ia tidak pernah mencetak gol dalam enam laga.
* Kalau saja Aguero mencetak gol, maka golnya itu menandai gol ke-200 bagi klub di seluruh kompetisi.
* Kevin De Bruyne mengoleksi dua gol dan dua assist dalam empat laga melawan Arsenal di Liga Inggris.Ia mampi melepas 14 assists selama berlaga di Liga Inggris musim ini.

Tiga laga terakhir Arsenal:

16/02/2018 Ostersunds FK 0-3 Arsenal (Liga Europa)
23/02/2018 Arsenal 1 vs 2 Ostersunds (Liga Europa)
25/02/2018 Arsenal 0 vs 3 Manchester City (Piala Liga)

Tiga laga terakhir Manchester City:

14/02/2018  FC Bate 0-4 Manchester City (Liga Champions)
20/02/2018  Wigan Atheletic 1-0 Manchester City (Piala FA)
25/02/2018  Arsenal 0-3 Manchester City (Piala Liga)

Head to Head:

25/02/2018  Arsenal 0-3 Manchester City (Piala Liga)
05/11/2017  Manchester City 3-1 Arsenal (Liga Inggris)
23/04/2017  Arsenal 2-1 Manchester City (Piala FA)

Prediksi Man of the Match (Whoscored.com):

1.Kevin De Bruyne (30,43 persen)
2.Sergio Agüero    (26,09 persen)
3.Henrikh Mkhitaryan (21,74 persen)
4.Jack Wilshere    (4,35 persen)
5.Alex Oxlade Chamberlain (4,35 persen)

Prediksi jalannya pertandingan:

* Arsenal bakal tampil luar biasa untuk menebus kekalahan mereka 0-3 dari Manchester City di final Carabao Cup pada laga Minggu lalu.
* Manchester City berada di atas angin dengan peringkat teratas dalam klasemen Liga Inggris sampai pekan ke-28.
* Pasukan asuhan Pep Guardiola belum pernah menang dalam tiga laga kandang di ajang Liga Inggris, apalagi mereka tampil di kandang Arsenal.
* Arsenal berusaha mencetak gol di menit-menit awal pertandingan.

Prediksi skor pertandingan:

*Arsenal: 2
* Manchester City: 3 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018