Kupang (ANTARA News) - Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2018 akan kembali digelar awal April 2018 dengan lokasi pembukaan di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste di Atambua, Kabupaten Belu, kata Koordinator Liga Pelajar U-16 NTT Siprianus Seko, Jumat.

"Sudah ada kata sepakat untuk liga pelajar U-16 tahun 2018 yang juga adalah olahraga usia muda ini akan digelar di Atambua pada 1 April mendatang," katanya kepada Antara di Kupang, Jumat.

Hal ini disampaikannya ketika ditanya terkait kelanjutan liga pelajar di NTT yang antusias diikuti banyak sekali sekolah-sekolah Bola di NTT dalam rangka pembinaan usia dini pesepak bola di daerah itu.

Ia menjelaskan bahwa kesepakatan tentang waktu dan tempat kick-off disepakati dalam pertemuan di Gedung PP Itkon Kemenpora, Jakarta. Pertemuan itu dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan pada Deputi III Kemenpora, Arifin Majid.

Hadir dalam pertemuan itu Mohamad Kusnaeni dari Manajemen Kompetisi selaku operator Liga Pelajar U-16 Piala Menpora. Juga hadir Subarja Suihan dari Blispi selaku operator Liga Pelajar U-14 dan Zuchli Imran Putra dari Fossbi yang menangani Liga Pelajar U-12.

Sipri mengaku pada pertemuan itu ia mengusulkan lokasi pertandingan pembuka di Atambua karena memang daerah perbatasan itu selalu ramai jika ada pertandingan sepak bola.

"Kebetulan masyarakat di Atambua sangat antusias setiap kali digelar kompetisi Liga Pelajar di sana," ujarnya.

Oleh karena itu pihak Kemenpora kemudian memberikan kesempatan agar titik awal dimulainya liga pelajar nasional itu dilakukan di kota perbatasan tersebut.

Sipripun berharap agar banyak peserta yang ikut dalam liga pelajar nasional ini mengingat hal ini merupakan saat yang tepat untuk mengasah permainan para pesepak bola pelajar.

Lagi pula, menurutnya kegiatan tersebut adalah bagian dari program dari Kemenpora untuk memberikan pembinaan usia dini kepada para pelajar.

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018