Jakarta (ANTARA News) - Atraksi Tatung dalam perayaan Cap Go Meh menghadirkan atraksi Tatung dalam rangka Cap Go Meh di DKI Jakarta.

Dalam siaran pers trade Mall Seasons City, Jumat, disebutkan atraksi Tatung biasa ada perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, ini juga akan akan dilaksanakan pada Minggu (4/3/) di Jakarta mulai dari pukul 08.00 WIB pagi.

Selain Tatung, perayaan Cap Go Meh ini juga akan diramaikan atraksi pawai To Khiau Sinshe, Barongsai, Tanjidor, Ondel-Ondel Betawi, Bhakti Sosial Pengobatan Gratis oleh Dokter & Sinshe, hingga upacara Spiritual & lelang barang-barang eks sembayang.

Untuk acara pawai, start akan dilakukan dari Vihara Berbudi pasar buah Angke melalui Jl.Laksa - Jl.Sawah Lio -Jl.KHM.Mansyur -Jl.Krendang Raya - Jl.Garuda - Jl.KHM.Mansyur - Jl.TSS Raya - Pos Duri - Jl.Jembatan Besi Raya, dan berpusat di Food Garden TM Seasons City Jakarta.

General Manager TM Seasons City Mualim Wijoyo mengatakan acara ini diselenggarakan untuk melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia.

Dia juga mengatakan penyelenggaraan ini merupakan tahun ke-4 Seasons City menyelenggarakan Cap Go Meh dengan menyajikan atraksi Tatung.

?Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami dalam melestarikan budaya sekaligus untuk menghibur masyarakat Jakarta yang ingin menyaksikan Tatung tanpa perlu pergi jauh-jauh ke Singkawang,? kata Mualim.

Dalam acara ini akan ada sekitar 100 Sinshe Tatung pria dan wanita yang akan melakukan atraksi ekstreem, seperti debus di Banten.

Tatung adalah orang yang dirasuki roh, dewa, leluhur, atau kekuatan supranatural, dimana seorang Tatung yang sedang kemasukan roh akan melakukan atraksi seperti berdiri diatas tombak dan atraksi ekstreem lainnya.

Yang menarik, dalam perayaan Cap Go Meh ini, Seasons City juga mengombinasikan Tatung dan Barongsai dengan kebudayaan Betawi yakni dengan menghadirkan atraksi Ondel-ondel dan Tanjidor.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018