Singaraja, Bali, (ANTARA News) - Komunitas penyayang binatang Saving Buleleng Dog (SBD) menggelar vaksinasi untuk ratusan binatang yang berpotensi menyebarkan virus rabies.

"Kegiatan kali ini merupakan kegiatan kedua kalinya dan saat ini difokuskan menyasar Desa Tejakula," Ketua SBD, Gede Sutastrayasa, di Tejakula, Buleleng, Bali, Senin.

Selain itu, sebanyak 32 ekor anjing lokal di-sterilisasi, delapan ekor anjing di-kastrasi dan 115 ekor anjing di-vaksin anti-rabies.

"Kami mengajak masyarakat untuk peduli dengan hewan piaraannya agar tidak dibuang dan diliarkan," katanya, didampingi anggota SBD, Mami Sisca Sena D.

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna itu, ia mengatakan acaranya tergolong sukses berkat bantuan dana dari pengusaha dan sponsor.

"Kegiatan vaksinasi dan kastrasi kali ini melibatkan empat tenaga dokter hewan, yakni drh Kusmayadi,drh Susila,drh Endang dan drh Gede Suarsana," ungkapnya.

Ia menambahkan kegiatan yang dilakukan menemukan satu ekor anjing yang terpaksa diinfus saat hendak divaksin karena mengalami kelainan jantung.

"Kedepan, kami akan terus melakukan kegiatan ini supaya masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan binatang yang dipelihara maupun yang masih berkeliaran," katanya.

Pewarta: Krishna Arisudana/IMB Andi Purnomo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018