Dokter keluarkan 100 duri ikan dari tubuh pasien di China

Dokter keluarkan 100 duri ikan dari tubuh pasien di China

Ilustrasi ( REUTERS/Aly Song)

Beijing (ANTARA News) - Kasus langka di bidang kesehatan terjadi di Provinsi Sichuan, China, saat tim medis berhasil mengeluarkan lebih dari 100 duri ikan dari tubuh seorang pasien.

Pasien pria berusia 60 tahun itu sepekan sebelum masuk rumah sakit menyantap dua porsi ikan mas rebus, termasuk duri dan beberapa bagian ikan itu.

Pesta makan tersebut harus berakhir di rumah sakit, Kamis (8/3), setelah pasien itu merasakan sakit luar biasa saat buang air besar.

Berdasarkan hasil pemindaian dengan menggunakan CT Scan, ada gugusan duri ikan yang menusuk bagian dubur pasien.

Dalam melakukan tindakan selama dua jam, tim medis berhasil mencabut lebih dari 100 batang duri ikan mirip jarum dari dubur pasien.

"Tindakan terhadap pasien yang mengeluhkan tusukan duri ikan itu baru pertama kalinya bagi kami," kata Huang Zhiyin, seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Sichuan, sebagaimana dikutip Global Times, Selasa.

Menurut dia, kasus tersebut membutuhkan tindakan rumit karena pasien berisiko kehilangan darah dalam jumlah besar.

"Oleh karena duri ikannya banyak dan dubur pasien mengalami pembengkakan, maka kami tidak bisa mencabut sekaligus," katanya.

"Kami memulangkan pasien agar beristirahat selama beberapa hari untuk melihat apakah masih ada duri ikan itu di dalam tubuhnya," kata Huang menjelaskan. 
 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar