Chicago (ANTARA News) - Saat warga di bagian timur-laut AS keluar rumah dan mulai menggali, setelah badai salju parah selama musim semi, sistem cuaca yang berkembang akan mempengaruhi beberapa bagian Midwest dengan penumpukan salju pada akhir pekan.

Menurut Dinas Cuaca Nasional AS, beberapa bagian Minnesota, Wisconsin, Iowa, Illionis dan Indiana diperkirakan dipengaruhi oleh topan mulai Jumat malam.

Sistem tekanan udara rendah yang berkembang cepat akan bergerak ke bagian tenggara Midwest pada jumat malam dan melintasi wilayah tersebut pada Sabtu, sebelum keluar pada Ahad pagi.

Salju tebal mungkin turun, kata petugas prakiraan cuaca, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Salju diperkirakan bertumpuk tiga sampai delapan inci (sebanyak 7,5 sampai 20 centimeter) di wilayah yang terpengaruh.

Ribuan penerbangan dibatalkan dan sekolah ditutup saat badai salju keempat dalam tiga pekan mulai menerjang New York City dan daerah sekitarnya pada Rabu.

Departemen Kebersihan New York City telah mengeluarkan peringatan salju, dan sangat banyak salju tebal basah diperkirakan meningkat sepanjang hari.

Peraturan Parkir dibekukan pada Rabu dan Kamis. Pelaju disarankan menggunakan angkutan umum jika mungkin.

Wali Kota New York City Bill de Blasio pada Selasa mengumumkan sekolah negeri di kota tersebut ditutup pada Rabu akibat badai.

Lebih dari 2.000 penerbangan, termasuk penerbangan dari Kota Shanghai, China, menuju New York, sudah dibatalkan pada Selasa malam di tiga bandar udara utama yang melayani New York.

Sejumlah bahaya, salju yang diterbangkan angin dan hujan bercampur es diperkirakan melanda Negara Bagian Maryland, Delaware dan beberapa bagian Pennsylvania Timur.

Gubernur New Jersey Phil Murphy pada Selasa mengumumkan Keadaan Darurat, dan memberi wewenang kepada direktur penanganan keadaan darurat di negara bagian itu untuk mengaktifkan dan mengkoordinasikan upaya tanggap bencana dan pemulihan. Kantor negara bagian ditutup pada Rabu atas instruksi Murphy.

Kepolisian Negara Bagian New Jersey mengeluarkan larangan perjalanan buat kendaraan komersial di sepanjang jalan raya bebas hambatan termasuk I-78, I-280, dan I-287.

Itu adalah badai timur-laut keempat dalam tiga pekan, dan banyak orang di seluruh wilayah tersebut masih belum pulih dari tiga badai terdahulu, yang menumbangkan pohon dan tiang listrik serta membuat ribuan warga hidup dalam kegelapan.

Baca juga: Badai Arktik membuat AS diserang dingin luar biasa

Pewarta: Chaidar Abdullah
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018