Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Bima Sakti menyebut skuatnya membutuhkan lawan uji coba kualitasnya selevel atau lebih kuat, seperti timnas U-19 Jepang yang dihadapi di laga terkini, sebagai persiapan menghadapi kompetisi berikutnya.

Pertandingan Jepang kontra timnas U-19 Indonesia sendiri digelar Minggu (25/3) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Di pertandingan tersebut, timnas U-19 takluk 1-4.

"Saya berterima kasih kepada PSSI bisa mempertemukan kami dengan Jepang dan itu tantangan yang bagus. Di laga persahabatan berikutnya kalau bisa kami menghadapi tim yang selevel atau lebih kuat agar kami bisa mengukur kekuatan," ujar Bima Sakti usai partai versus Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Dia melanjutkan, lawan-lawan yang diharapkan dapat menjadi mitra uji coba berikutnya berasal dari negara-negara Asia Barat atau Timur Tengah.

Selain soal ukur-mengukur kualitas tim, laga versus negara-negara dari wilayah tersebut dianggap dapat memberikan gambaran persaingan di Piala Asia U-19 yang berlangsung pada 18 Oktober-4 November 2018 di Indonesia.

"Memang boleh saja kami melawan timnas yang levelnya di bawah, tetapi itu dapat menimbulkan euforia kemenangan yang sesaat," kata Bima Sakti.

Timnas U-19 sendiri dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-18 2018 pada 2-14 Juli 2018 dan Piala Asia U-19 2018 pada 18 Oktober-4 November 2018. Kedua turnamen ini akan berlangsung di Indonesia.

Sebelum menjalani pertandingan-pertandingan uji coba lanjutan, timnas U-19 dijadwalkan kembali menjalani pemusatan latihan (TC) mulai April 2018.

"TC ke depan akan berjalan lebih panjang. Kami akan memperbaiki kekurangan-kekuranangan yang ada termasuk ikatan atau `chemistry` pemain di semua lini. Semoga ke depan bisa lebih baik," tutur Bima.

Baca juga: Pelatih Jepang: Timnas U-19 Indonesia kurang konsentrasi

Baca juga: Timnas U-19 Indonesia ditundukkan Jepang 1-4


Tim nasional U-19 Indonesia ditundukkan timnas U-19 Jepang dengan skor 1-4 dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Keempat gol Jepang di laga tersebut dicetak oleh Miyashiro Taisei (di menit ke-15 dan 49`), Yamada Kota (48`) dan Ando Mizuki (penalti, 79`). Sementara gol Indonesia diciptakan Aji Kusuma di menit ke-90+4.

Dengan hasil tersebut, timnas U-19 Indonesia sudah mencatatkan dua kali kekalahan dari dua uji coba di tahun 2018 di bawah kepemimpinan pelatih Bima Sakti. Di uji coba pertama, Hanis Saghara dan rekan dikandaskan timnas U-23 Indonesia dengan skor 0-5.
 
Penjaga gawang Timnas U-19 M Aqil Savic (kiri) memblok bola tendangan pesepak bola Jepang U-19 Ando Mizuki (tengah) dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/3/2018). Indonesia kalah dari Jepang dengan skor akhir 1-4. (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018