Bantul (ANTARA News) - Persiapan pemakaman jenazah Probosutedjo di Makam Somenggalan Dusun, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga pukul 13.00 WIB sudah selesai 80 persen.

"Persiapan pemakaman Alhamdulillah sudah sekitar 80 persen dan penggalian kubur sudah selesai tinggal penataan masih berjalan," kata kerabat almarhum, Gatot Nugroho yang ditemui di sela persiapan pemakaman di Museum Soeharto Bantul, Senin.

Menurut dia, persiapan pemakaman jenazah adik dari Presiden RI kedua Soeharto itu direncanakan akan tuntas sekitar pukul 15.30 WIB untuk kemudian menyambut kedatangan jenazah yang dilanjutkan dengan prosesi pemakaman.

Baca juga: Probosutedjo rajin kunjungi Museum Soeharto tiap ruwah

"Persiapan sekitar pukul 15.00 WIB sudah selesai seratus persen, sehingga pukul 15.30 WIB sudah siap semua," kata Gatot yang mengaku ikut Probosutedjo sejak kecil tersebut.

Menurut dia, informasi yang dia terima dari keluarga di Jakarta, jenazah Probosutedjo akan diberangkatkan dari rumah duka sekitar pukul 15.30 WIB menuju bandara di Jakarta yang kira-kira membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

Ia melanjutkan, dari bandara di Yogyakarta, informasinya jenazah Probosutedjo langsung diberangkatkan menuju komplek Makam Somenggalan dan tidak dibawa ke Museum Soeharto, museum yang didirikan Probosutedjo di sebelah selatan makam.

Baca juga: Probosutedjo sosok yang dermawan

"Banyak keluarga besar dari Jakarta yang ikut rombongan dengan menggunakan pesawat, rombongan bareng-bareng menggunakan pesawat, ada dua pesawat," kata Gatot.

Ia mengatakan belum tahu pasti kerabat keluarga yang ikut rombongan pesawat ke Yogyakarta, namun ia memastikan pemakaman akan dilakukan hari ini.

"Kita lihat nanti di sana (makam), keluarga juga langsung transit di sana. Tetapi positif hari ini (dimakamkan)," katanya.

Adik dari Presiden kedua RI Soeharto, Probosutedjo meninggal dunia pada Senin pagi. Probosutedjo yang lahir di Kemusuk, Desa Argomulyo, Bantul pada 1 Mei 1930 itu informasinya dimakamkan di Makam Somenggalan Argomulyo.

Baca juga: Probosutedjo akan dimakam disamping makam ayahandanya

Pewarta: H. Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018