Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-19 Jepang Masanaga Kageyama memuji penampilan penyerang timnas U-19 Indonesia dan klub Persika Karawang Aji Kusuma.

Aji, yang mencetak satu-satunya gol timnas U-19 Indonesia saat menghadapi Jepang pada Minggu (25/3) yang dimenangi Samurai Biru 4-1, kembali membuat gol ketika Persika takluk 2-3 dari lawan yang sama.

"Pemain depan mereka yang baru masuk bisa memanfaatkan keletihan dan longgarnya ruang di lini belakang kami. Saya kira pemain itu dua kali sudah mengelabui kiper saya. Cerdas sekali," ujar Masanaga, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

Ketika mencetak gol, Aji memang masuk di menit-menit akhir laga di pertandingan Persika versus Jepang, serupa dengan situasi saat dia membela timnas U-19.

Laga Persika Karawang menghadapi timnas U-19 Jepang sendiri digelar pada Selasa (27/3) di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Jepang menorehkan dua gol terlebih dahulu di babak pertama. Namun di paruh kedua, Persika melakukan pergantian pemain, termasuk Aji Kusuma, dan membuat kedudukan menjadi 2-2 sebelum akhirnya tim Negeri Sakura menyelesaikan laga dengan skor 3-2.

Pelatih Persika Karawang Ricky Nelson memuji penampilan timnya meski takluk dari Jepang. Secara khusus, dia menyinggung performa Aji Kusuma.

"Dia pemain yang memiliki kemampuan dan insting mencetak gol. Tinggal bagaimana tugas saya dan juga pelatih timnas U-23 Bima Sakti bisa mengasah lebih dan mengeluarkan semua kemampuannya saat latihan," kata Ricky.

Mendapatkan pujian-pujian tersebut, Aji Kusuma memilih merendah dan menyebut dirinya hanya berusaha menampilkan kemampuan maksimal di setiap laga.

"Saya selalu memberikan semua kemampuan terbaik saya di atas lapangan setiap pelatih kasih kesempatan untuk bermain. Berapa pun menit bermain saya," tutur Aji.

Adapun sebelum berjumpa timnas U-19 Indonesia dan Persika Karawang, timnas Jepang sudah melakoni laga latih tanding melawan Cilegon United di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (22/3) dan menang 5-0.

Baca juga: Setelah Jepang, Timnas U-19 butuh lawan dari Asia Barat

Baca juga: Pelatih Jepang: Timnas U-19 Indonesia kurang konsentrasi

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018