Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 2 Bandung mengoperasikan satu rangkaian Kereta Api Lodaya tambahan dalam menghadapi libur panjang.

"Ada satu KA Lodaya Tambahan kami jalankan menjelang liburan long weekend ini," ujar Manager Humas PT. KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus, saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis.

Joni mengatakan, KA Lodaya tambahan ini akan berangkat dari Stasiun Bandung pada malam hari yaitu pukul 20.20 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Solo Balapan.

Menurut Joni, penambahan perjalanan ini berdasarkan tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api menjelang libur panjang wafatnya Isa Al Masih.

"Masih banyak penumpang yang memang liburan ke jalur timur, makanya kita siapkan KA tambahan," kata dia.

Berdasarkan data penjualan tiket kereta api, Joni mengatakan bahwa sampai saat ini tingkat keterisian (okupansi) kereta-kereta ke arah timur cukup tinggi yaitu rata-rata sudah mencapai 100 persen.

"Okupansi pada tanggal 29 Maret rata-rata sudah 100 persen, sehingga ditambahkan kereta Lodaya. Sampai saat ini tiket kereta Lodaya Tambahan tersebut masih banyak tersedia," katanya.

Selain ke arah timur, kereta Argo Parahyangan ke arah Jakarta pun ditambah perjalanannya. Khusus hari Kamis (29/3) dan Minggu (01/4) ada 14 perjalanan KA Argo Parahyangan dari Bandung menuju Jakarta.

Keberangkatan paling awal adalah pukul 04.15 WIB dan keberangkatan paling akhir adalah pukul 22.30 WIB. Sementara pada tanggal 30 dan 31 Maret keberangkatan paling akhir dari Bandung adalah pada pukul 20.50 WIB.

"Pemesanan tiket bisa dilakukan selama 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI," kata Joni.

Untuk pemesanan di loket reservasi stasiun dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Khusus untuk pemesanan tiket melalui E-Kiosk (vending machine) di stasiun dilayani mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Dalam hal pemesanan melalui KAI Access, menurut Joni, penumpang akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah fasilitas khusus E-Boarding yang tidak ada di chanel lainnya.

E- Boarding ini memudahkan penumpang untuk proses boarding di stasiun karena tidak perlu lagi mencetak tiket boarding pass.

"Penumpang cukup menunjukkan e-boarding pada layar smartphone kepada petugas boarding yang kemudian akan discan dan akan muncul di layar komputer. Mereka cukup memperlihatkan identitasnya tanpa harus mencetak lagi tiket boarding pass," katanya.

Baca juga: Akhir pekan ini KAI operasikan 12 KA tambahan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018