Jakarta (Antara News) -- PT Jasa Raharja (Persero) memastikan akan memulangkan 38.000 pemudik ke 94 kota tujuan melalui program Mudik Gratis 2018 bersama BUMN yang akan digelar mulai H-10 Idul Fitri 1439 H. Jumlah ini naik dari jumlah pemudik tahun lalu sebanyak 31.864 orang ke 66 kota tujuan. Selain itu, untuk keempat kalinya, Jasa Raharja ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai koordinator program Mudik Gratis yang rutin digelar setiap tahunnya. 

"Jasa Raharja sendiri telah menggelar mudik bareng sebanyak 10 kali. Namun, sejak empat tahun terakhir, kami ditunjuk sebagai koordinator program mudik bareng BUMN. Tentunya, sebuah kebanggaan bagi kami," ujar Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo di acara Rapat Lanjutan Mudik Bareng BUMN Tahun 2018 di Kementerian BUMN, Senin. 

Budi melanjutkan, konsistensi Jasa Raharja dalam menyelenggarakan program mudik bareng tak terlepas dari kampanye keselamatan berkendara di jalan raya yang terus digaungkan perusahaan pelat merah ini, khususnya dalam menekan penggunaan kendaraan roda dua dalam ritual mudik. "Itu (menekan penggunaan kendaraan roda dua dalam ritual mudik) tujuan utama kami. Sebagai stakeholder terdepan dalam penciptaan keselamatan di jalan raya, kami berkewajiban untuk mengakomodir program mudik bareng yang tentunya aman, nyaman, dan gratis," tambah Budi. 

Program Mudik Bareng BUMN 2018 menargetkan sebanyak 200.000 orang - naik 69,19 persen dari jumlah pemudik pada pergelaran Mudik Gratis 2017 yang mencapai 118.220 orang - dengan total 94 kota tujuan. 

Sinergi BUMN 

Program Mudik Bareng 2018 juga menjadi ajang sinergi BUMN. Pasalnya, sejumlah BUMN telah berkomitmen untuk menyediakan layanan sesuai fungsi dan kapabilitasnya. 

Dari sektor transportasi, Perum Damri siap mengalokasikan sekitar 2.653 bus. PT Pelni (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry. PT KAI (Persero) akan memulangkan para pemudik menggunakan 110 gerbong kereta. 

PT Sarinah (Persero) akan bertanggungjawab menyediakan pakaian seragam yang nantinya akan dikenakan oleh peserta mudik, panitia, hingga tamu VIP. 

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran para pemudik selama perjalanan, PT Indofarma (Persero) Tbk., PT Kimia Farma (Persero) Tbk., dan PT Bio Farma (Persero) akan bahu-membahu menyediakan obat-obatan dan layanan kesehatan. 

Sementara itu, sebagai kantor berita negara, Perum LKBN Antara siap menghadirkan layanan publikasi informasi komprehensif penyelenggaraan Mudik Bareng 2018, baik sebelum, selama, dan setelah program Mudik Bareng 2018 berlangsung.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018