Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama pejabat di lingkungan pemprov setempat gencar menyosialisasikan pelaksanaan Asian Games yang akan digelar di Kota Palembang dan DKI Jakarta pada Agustus 2018.

Kegiatan sosilisasi itu gencar dilakukan kepada pelajar, organisasi sosial kemasyarakatan, komunitas, dan masyarakat umum yang diundang khusus di Griya Agung Palembang, kata Gubernur Sumsel di Palembang, Kamis.

Salah satu komunitas yang baru-baru ini diundang untuk mengikuti kegiatan sosialisasi itu yakni pencinta olahraga beladiri pencak silat dari 25 perguruan yang tergabung dalam Forum Pencak Silat se-Kota Palembang.

Dalam setiap kegiatan tersebut, dia menjelaskan alasan penting dilakukan sosialisasi Asian Games kepada seluruh lapisan masyarakat di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menyukseskan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Asian Games bukan sembarangan event dan acara, karena kegiatan tersebut merupakan kompetisi bangsa-bangsa dari 45 Negara di kawasan Asia.

Pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu adalah kompetisi terbesar kedua setelah Olimpiade yang akan diikuti atlet dari Korea, Jepang dan Tiongkok yang merupakan macan dunia, katanya.

Menurut dia, provinsi ini dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta karena memiliki pengalaman menyelenggarakan sejumlah ajang olahraga bertaraf internasional serta memiliki fasilitas olahraga yang lengkap berada dalam satu kawasan di Jakabaring Palembang.

Selain itu, provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu merupakan daerah zero konflik, terbukti hingga kini belum pernah terjadi dan Insya Allah tidak akan terjadi kerusuhan antaretnis dan kerusuhan antarumat beragama.

"Saya minta kepada pendekar-pendekar pencak silat menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif, menjaga kedamaian dan zero konflik yang sudah diakui dunia internasional," ujar Alex.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018